D-ONENEWS.COM

Kapal Bambu Inovasi ITS Diluncurkan Susi Pudjiastuti di Kenjeran

Surabaya (DOC) – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti melaunching kapal berbahan bambu laminasi hasil penelitian dosen Institu Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS) di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, Surabaya, Senin (2/7/2018).

Tak hanya melaunching, Susi juga langsung menjajal kapal bambu itu dengan menaikinya.

Laminasi adalah teknik menggabungkan bilah bambu hingga berbentuk menjadi papan atau balok.

“Ini inovasi yang bagus dan kita harus coba pakai. Ini juga sebuah pilihan pada saat hutan kita sudah habis. Kayu tidak ada karena makin mahal dan nelayan kita memerlukan kapal-kapal ukuran seperti ini. Jadi sangat bagus,” kata Susi.

Usai meresmikan, Susi sempat mencoba dan berkeliling di area Pantai Kenjeran menggunakan kapal bambu besutan ITS tersebut.

Menurut Susi, kapal bambu ini merupakan sebuah pilihan yang pas menilik dari mahalnya bahan baku kayu yang digunakan untuk kapal nelayan.

“Sebuah pilihan yang kita pikir sangat diperlukan saat ini dengan mahalnya kayu untuk para nelayan,” tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Susi berharap kapal ini tak hanya sekadar menjadi purwarupa saja, namun bisa diujicobakan lebih lanjut untuk diaplikasikan.

“Saya berharap ini bisa difinalisasi menjadi sebuah produk. Jadi bukan hanya sekedar prototipe trial tapi dicoba benar supaya bisa diaplikasikan dan diimplementasikan,” harapnya.

Sementara itu, Rektor ITS Prof Joni Hermana mengatakan kapal ini merupakan bentuk inovasi kampusnya menilik dari semakin jarangnya kayu yang digunakan untuk pembuatan kapal.

“Ini merupakan bentuk inovasi ITS dalam menjembatani semakin jarangnya kayu yang semakin jarang digunakan untuk menggunakan kapal,” imbuhnya.

Dari pemecahan permasalahan ini, Joni mengatakan pihaknya juga siap untuk memproduksi kapal ini lebih banyak. Terlebih ada beberapa pihak yang tertarik untuk membuat kapal bambu, misalnya saja Gubernur Bangka Belitung yang hari ini turut dalam prosesi peresmian.

“Kami siap memproduksi, menjawab apa yang menjadi kebutuhan masyarakat,” kata Joni.

Pencipta kapal bambu ini, Heri Supomo, mengatakan bahwa kapal bambu yang diciptakannya lebih cocok menjadi kapal wisata. Sudah ada beberapa perusahaan dan investor yang menawarkan diri.

“Pariwisata yang pertama kali yang memesan kita sudah lakukan studi desain, ini untuk di Karimun Jawa , ada di Lombok dan Pulau Komodo. Setelah studi didesain nanti akan dibangun. Ini sudah ada investor dari Semarang, Bali, Banyuwangi,” kata Heri.(dtc/ziz)

Loading...

baca juga