Kapal Milik Kodam Jaya Tenggelam di Perairan Kepulauan Seribu, 65 Penumpang Selamat

Jakarta,(DOC) – Sekitar pukul 11.00 WIB, Senin(12/3/2018) satu unit Kapal KMC AD-16-05 milik Kodam Jaya mengalami musibah, yaitu tenggelam di perairan Kepulauan Seribu.
Berdasarkan informasi melalui pesan aplikasi Whatapps kapal yang bertolak menuju Pulau Pramuka itu tenggelam sampai separuh badan kapal.
Menurut laporan, kronologis kejadiannya yakni pada pukul 07.10 WIB personil pengamanan berangkat menuju lokasi menuju Pulau Seribu tepatnya di Pulau Pramuka, setelah berada dipertengahan laut Kepulauan Seribu kapal KMC AD-04-15 mengalami kerusakan dan Mesin kapal tersebut mati total.
Pada pukul 10.15 WIB kapal KMC AD-04-15 merapat ke kapal KMC AD-16-05 untuk melakukan evakuasi atau penyelamatan penumpang agar pindah ke kapal lain. Namun tepat pukul 11.10 WIB, kapal KMC AD-16-05 tenggelam, Tim kapal dari RSUD Kepulauan Seribu yang dipimpin Danramil Pulau Seribu Mayor Inf Syaprudin tiba di lokasi kejadian dan 65 orang dapat di evakuasi.
Sementara itu, berdasarkan video yang diperoleh, badan Kapal KMC AD-16-05 nyaris tenggelam seluruhnya, dengan posisi berdiri 90 derajat.
Sejumlah penumpang menggunakan pelampung, berenang di perairan. Barang-barang dalam kapal pun berhamburan keluar ikut mengapung. Terdapat kapal lain yang berada di dekat Kapal KMC AD-16-05 masih bisa berfungsi dengan normal.
“Tenggelam, kapal satunya tenggelam, kapal tenggelam,” teriak seseorang yang terdengar di video tersebut.
Terlihat sebagian besar para penumpang menggunakan seragam TNI AD. Tak ada korban jiwa dalam insiden ini.(ut/trib/wat/r7)