Karang Taruna Galang Surabaya Bebas Kebakaran

Tidak ada komentar 218 views

Surabaya, (DOC) – Karang taruna Surabaya bekerja sama dengan Sanindo Perkasa Abadi menggelar program sewa alat pemadam kebakaran gratis bagi masyarakat. Program ini diharapkan mampu membawa Surabay sebagai kota bebas kebakaran.
“Kita bersama PT.Sanindo akan menggelar berbagai sosialisasi tentang pentingnya rasa aman atas bahaya kebakaran. Salah satunya ada program sewa alat pemadam kebakaran gratis bagi masyarakat. Tinggal kumpulkan tanda tangan satu RT atau RW nanti kami layani,” terang ketua Karang Taruna Surabaya, Nanang Sutrisna, Selasa(25/9/2013).
Lebih lanjut Nanang menjelaskan , berdasarkan data PMK Surabaya rata-rata dalam satu tahun terjadi 400 kasus kebakaran di wilayah Surabaya. Hal ini, kata Nanang menunjukkan masih besarnya bahaya kebakaran di kota dengan penduduk 2 juta lebih ini.
Yang paling mengkahwatirkan, lanjutnya, masih belum fahamnya masyarakat tentang bagaimana menangani kebakaran termasuk penyediaan alat pemadam kebakaran meski dalam skala alat pemadam ringan APAR.
“Idealnya satu rumah satu APAR, namun di skala RT saja belum tentu ada satupun. Padahal itu bisa digunakan banyak pihak dalam satu RT kalau ada,” terangnya.
Sementara Diretur Utama PT.Sanindo, Winandi Sunyoto menerangkan program sewa APAR gratis bagi masyarakat ini digelar untuk penyediaan sarana pemdama kebakaran bagi masyarakat kurang mampu di Surabaya dan sekitarnya.
“Jadi silahkan nanti masyarakat mengajukan proposal kepada kami dengan tanda tangan pihak RT dan RW. Kami akan layani, biaya bakal kami carikan sponsor dari CSR berbagai pihak,” terangnya.
Sebenarnya, kata Winandi, untuk sewa APAR dari perusahaannya cukup murah. Untuk APAR jenis kain anti api hanya Rp15 ribu per bulan, sedangkan APAR ukuran kecil cuma Rp30 ribu per bulan.
“Sangat murah dibandingkan harus beli. Salain teknologi kami memang cukup murah dibandingkan teknologi yang dipakai APAR lain,” terangnya.
PT Salindo Perkasa Abadi sendiri adalah salah satu pabrikan APAR asli dalam negeri yang berbasis di Gedangan Sidoarjo. Teknologi pemadam kebakaran yang dipergunakan APAR dengan merek Hartindo ini merupakan pengembangan salah satu ahli dari Indonesia.
Selain murah, kata Winandi, tknologi yang dipergunakannya sangat aman bagi lingkungan, tidak merusak barang lain, serta aman bagi manusia. “Teknologi ini sangat aman bagi siapapun dan property anda yang ain,” terangnya.
Teknologi berbasis 135 formulasi bahan kimia ini sudah dipergunakan di lima negara besar termasuk Amerika Serikat untuk kebutuhan militer dan ruang angkasa. Sedangkan di Indonesia teknoogi Hartindo AF 11 E telah dipergunakan pertamina, PLN serta TNI. (r4)