D-ONENEWS.COM

Karo Tertutup Abu Vulkanik Letusan Gunung Sinabung

Gunung Sinabung yang meletus.

 
Sumatera, (DOC) – Gunung Sinabung kembali meletus dan memuntahkan awan panas hingga 16 kali semburan. Semburan awan panas ini membuat kawasan Desa Kuta Rakyat, Kecamatan Naman Teran, Karo, Sumatera Utara diselimuti abu vulkanik.
“SD diliburkan di Desa Kuta Rakyat, Kecamatan Naman Teran,” kata anggota Polres Karo, Iptu Zulkifli, Rabu (2/8/2017).
Menurutnya, abu vulkanik di sana cukup tebal. Sebelumnya tadi pagi, sekolah tersebut sempat melakukan proses belajar mengajar.
“Tadi sempat belajar, tapi karena abu cukup tebal, pihak sekolah mengambil kebijakan untuk memulangkan pelajar,” ujar Suprianto.
Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), kini dikepung abu vulkanik dari letusan Gunung Sinabung. Kondisi jalanan dan lingkungan perumahan warga menjadi gelap dan tertutup debu pasir.
Sementara itu, Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya mengingatkan warga yang bermukim di sekitar hilir Sungai Laborus agar waspada.
“Mengingat telah terbentuk bendungan alam di hulu Sungai Laborus, maka penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sekitar hilir daerah aliran sungai Laborus agar tetap waspada,” kata Sutopo.
Sutopo menjelaskan, bendungan alam tersebut bisa saja jebol sewaktu-waktu apabila sudah tak kuat menahan beban volume air.
“Bendungan ini sewaktu-waktu dapat jebol karena tidak kuat menahan volume air sehingga berpotensi mengakibatkan lahar/banjir bandang ke hilir,” jelas Sutopo.
“BPBD Kabupaten Tanah Karo segera melakukan sosialisasi ancaman bahaya lahar hujan/banjir bandang ini kepada penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sepanjang hilir dan sekitar Sungai Laborus,” imbuhnya.
Sutopo sebelumnya menjelaskan, aktivitas lontaran abu tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 WIB.
“Sinabung meletus lontarkan abu hingga 4,2 km disertai luncuran awan panas 4,5 km ke tenggara-timur pada 2/8/2017, 10 Wib,” tulisnya.(dtc/ziz)

Loading...

baca juga