Karyawan PT UBS Demo Solidaritas

Tidak ada komentar 311 views

Surabaya,(DOC) – Sebanyak 300 orang buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Bergerak (ABB), sekitar pukul 10.30 WIB, Senin(20/1/2014), menggelar aksi didepan pabrik PT Untung Bersama Sejahtera(UBS). Aksi ini digelar lantaran 17 buruh yang bekerja di salah satu perusahaan emas terbesar di Indonesia itu dipecat secara sepihak.

Dalam aksi yang digelar depan perusahaan yang berada di Jalan Kenjeran 395-399 Surabaya ini, mereka menuntut agar ke-17 rekan dipekerjakan kembali tanpa syarat. Selama aksi, para buruh sejumlah membentangkan bertuliskan ‘Pekerjakan Kembali Karyawan yang di PHK Sepihak’,’Berikan Hak Normatif Karyawan’,’Bayarkan Iuran Jamsostek Sesuai Aturan’. Para buruh yang sebagian besar mengenakan kaos merah ini tak dapat menerobos perusahaan lantaran terhalang pagar dan pintu besi setinggi 4 meter. Selain itu, ratusan aparat kepolisian juga melakukan penjagaan yang sangat ketat.

Koordinator aksi, H Kholik disela-sela aksi mengatakan, aksi ini dipicu sikap perusahaan yang semena-mena, yakni melakukan pemecatan (PHK) secara sepihak terhadap 17 karyawan mereka. Karyawan yang bekerja sebagai sekuriti ini tidak dipekerjakan lagi tanpa diberi pesangon. Disamping itu, upah yang diterima jauh dibawah Upah Minimum Kota (UMK) yakni antara Rp1,2 juta hingga Rp1,3 juta per bulan. Upah lembur yang diterima juga berbeda dengan karyawan yang ada dibagian produksi. Jika bagian produksi upah lembur per jam-nya sekitar Rp12.000, maka sekuriti hanya sekitar Rp8.000 per jam. “Kami minta agar pekerjakan kembali ke-17 karyawan yang di PHK secara PHK. Ketika dipekerjakan kembali, perusahaan harus menjamin bahwa tidak ada intimidasi terhadap mereka,” ujarnya.(r7)