Kasad Pimpin Sertijab Jajaran TNI AD

Tidak ada komentar 139 views

Cilodong, (DOC) – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Gatot Nurmantyo secara resmi menyerahkan tugas dan tanggung jawab jabatan Pangkostrad kepada pejabat yang baru Mayjen TNI Mulyono. Upacara penyerahan jabatan dilaksanakan di Markas Divisi Infanteri 1/Kostrad, Cilodong, Jumat (26/9/2014).
Sebelumnya Mayjen TNI Mulyono menjabat sebagai Pangdam Jaya. Selain jabatan Pangkostrad, juga diserahterimakan dua belas jabatan strategis lainnya yang ada di jajaran TNI Angkatan Darat.
Dalam amanatnya, Kasad menegaskan berkaitan dengan ancaman dan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia terhadap Proxy War, maka Kostrad harus selalu membina kesiapan operasional segenap jajaran Komandonya, dan melaksanakan operasi tingkat strategis sesuai dengan kebijaksanaan Panglima TNI. Selain itu, tegasnya, satuan jajaran Kostrad juga dituntut memiliki mobilitas yang tinggi, mampu bereaksi cepat sebagai satuan penangkal, penindak dan pemukul yang handal dan siap digerakkan sebagai wujud ketanggapsegeraan terhadap segala bentuk dan jenis ancaman yang timbul di seluruh wilayah NKRI.
Lebih lanjut, Kasad juga menyampaikan Kodam sebagai Kompartemen Strategis dan Komando Utama Kewilayahan bertugas menyelenggarakan pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar kekuatan, melaksanakan pembinaan teritorial untuk menyiapkan wilayah pertahanan di darat dan menjaga keamanan negara di wilayahnya dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.
“Pangkostrad dan Pangdam mengemban tugas yang sangat strategis dalam memelihara stabilitas nasional di tanah air kita. Upaya dalam menciptakan iklim yang kondusif melalui komunikasi, dialog dan interaksi yang intensif, serta konstruktif dengan aparat terkait dan segenap komponen masyarakat, dalam membangun naluri dan kepekaan sosial, sangat penting khususnya bagi aparat Komando Kewilayahan” tegas Kasad.
Selain jabatan Pangkostrad, Jabatan strategis lainnya yang diserahterimakan masing-masing yaitu Pangdam Jaya dari Mayjen TNI Mulyono kepada Mayjen TNI Agus Sutomo, Pangdam I/BB dari Mayjen TNI Istu Hari Subagio kepada Mayjen TNI Winston Simanjuntak, jabatan Pangdam IV/Diponegoro diserahterimakan dari Mayjen TNI Sunindyo kepada Mayjen TNI Bayu Purwiyono, Pangdam IX/Udayana dari Mayjen TNI Wisnu Bawatenaya kepada Mayjen TNI Torry Djohar Banguntoro, Pangdam XII/Tanjungpura dari Mayjen TNI Ibrahim Saleh kepada Mayjen TNI Toto Rinanto Sujiman sedangkan jabatan Pangdam XVII/Cendrawasih diserahterimakan dari Mayjen TNI Drs.Christian Zebua kepada Mayjen TNI Fransen G. Siahaan.
Sementara itu, di tingkat Asisten Kasad yang diserahterimakan yaitu jabatan Asops Kasad dari Brigjen TNI Hinsa Siburian kepada Brigjen TNI Johny L.Tobing dan Aslog Kasad dari Mayjen TNI Bayu Purwiyono diserahkan kepada Brigjen TNI Suratmo., M.Si., (Han). Jabatan Kepala Badan Pelaksana (Kabalak) TNI AD yang diserahterimakan yaitu Dirbekangad dari Brigjen TNI Hadi Sutrisno kepada Kol Cba Drs.Pasenga Talilah, Dirkuad dari Brigjen TNI Teddy Hernayadi,SE kepada Kol Cku Sasongko Hardono,S.Sos sedangkan Dirkumad dari Brigjen TNI Dra.Purwanti, S.H, M.H diserahterimakan kepada Kol CHK Markoni, S.H. (puspen/r4)