Kasdam V Brawijaya Tutup Latihan Antar Kecabangan

Tidak ada komentar 127 views

Situbondo,(DOC) – Selama 14 hari, para peserta telah secara optimal disertai semangat berlatih dan disiplin yang tinggi mengikuti kegiatan Latihan Taktis Antar Kecabangan. Yang dalam pelaksanaannya para pelaku telah menerapkan mekanisme hubungan Komandan dan Staf dalam proses pengambilan keputusan untuk menghadapi tugas operasi yang diasumsikan dalam skenario latihan.
Selasa (3/12/2013) kemarin, Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Asma’i bertindak selaku Irup pada upacara penutupan Latihan Taktis Antar Kecabangan Brigif 16/ Wira Yudha TA. 2013 di Lapangan Upacara Marinir Karang Tekok Situbondo.
Pelaksanaan Latihan Taktis Ancab ini banyak manfaat yang dapat dipetik, terutama meningkatkan kemampuan tempur perorangan sampai kerja sama antar Kecabangan. Kerja sama dalam wadah Brigade Tim Pertempuran melalui Operasi Tempur yang didukung oleh Operasi Intelijen dan Operasi Teritorial.
Dalam amanat Pangdam V/Brawijaya yang dibacakan oleh Kasdam V/Brawijaya menyampaikan bahwa dalam kegiatan Latihan antar kecabangan ini masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki untuk mencapai tingkat kesempurnaan hasil latihan yang diharapkan. Dengan memahami kekurangan dalam latihan, hendaknya dijadikan pengalaman untuk memacu diri dan meningkatkan kemampuan perorangan dan satuan didalam menghadapi latihan-latihan dimasa mendatang.
Tak lupa Jenderal Bintang Dua ini menyampaikan Kepada semua pihak yang terlibat dalam latihan agar segera menginventarisir semua materiil dan personil untuk dapat melaksanakan tugas selanjutnya di satuan masing-masing. Obyektivitas dalam pembuatan laporan hasil latihan akan dapat dijadikan acuan dan pedoman bagi penyelenggaraan Latihan Taktis Ancab pada waktu yang akan datang.
Di akhir amanatnya Pangdam menekankan beberapa hal yang perlu dipedomani: Pertama, Segera adakan evaluasi yang mendalam terhadap kekurangan dan kelemahan selama pelaksanaan latihan sebagai bahan untuk menyempurnakan latihan berikutnya. Kedua, Dengan bekal latihan ini tingkatkan penguasaan taktik dan setrategi tingkat Brigade Tim Pertempuran. Kembangkan kreativitas, inisiatif dan inovasi bagi unsur pimpinan dalam mengambil keputusan secara tepat dan cepat, sesuai dengan situasi yang dihadapi. Ketiga, Jaga dan pelihara kerjasama dan kebersamaan yang telah terbentuk antar unsur pimpinan Satpur, Satbanpur dan Satbamin yang tergabung dalam Brigade Tim Pertempuran. Gunakan setiap kesempatan tugas untuk berbuat yang terbaik bagi keberhasilan dalam melaksanakan tugas pokok satuan.(dispen/r7)