Kebakaran di Jember Ludeskan Pertokoan di Jalan Rambipuji

Jember (DOC) – Pertokoan yang ada di Jalan Rambipuji, Desa Balung Lor, Kecamatan Balung, Jember ludes terbakar, Selasa (30/1/2018). Kerugian materi diperkirakan tembus hingga Rp 400 juta.

“Peristiwanya sekitar pukul 05.30 WIB. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 07.30 WIB. Bangunan tokonya ludes. Tidak ada korban jiwa. Itu ngontrak. Pengontraknya namanya Imam Muslim, warga Kecamatan Puger. Saat kejadian tidak ada orang di dalam toko,” kata Kapolsek Balung, AKP Niluh.

Niluh menjelaskan, toko alat tulis Zeze diketahui terbakar saat sejumlah warga melihat ada asap mengepul. Setelah ditelusuri, kepulan asap berasal dari Toko Zeze. Warga berusaha melakukan pemadaman dengan alat seadanya. Selain itu, warga juga menghubungi pemadam kebakaran dan Polsek Balung.

Tak berselang lama, satu unit mobil PMK tiba di lokasi dan langsung melakukan pemadaman. Namun api terus membumbung karena bangunan berisi bahan-bahan yang mudah terbakar. Akhirnya petugas berupaya agar kebakaran tidak merembet ke bangunan lain.

“Alhamdulillah tidak merembet ke yang lain. Jadi yang ludes hanya bangunan toko alat tulis Zeze. Ada bangunan di belakangnya ikut terbakar tapi sedikit, hanya kusennya saja,” kata Niluh.

Setelah api berhasil dipadamkan, petugas dari Polsek Balung langsung melakukan olah TKP dan meminta keterangan sejumlah saksi. Penyebab kebakaran belum dipastikan. Namun dugaan sementara kebakaran terjadi akibat hubungan pendek arus listrik.

“Dugaan awal penyebab kebakaran adalah korsleting listrik di bagian atas. Tapi untuk memastikan, ini petugas masih melakukan olah TKP dan meminta keterangan saksi,” pungkas Niluh.(dtc/ziz)