Kebangkitan Nasional, Momentum Untuk ‘Move On’ Dari Disintegrasi Bangsa

Surabaya,(DOC) – Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang memiliki belasan ribu pulau yang tersebar dari ujung paling Barat, Sabang hingga ujung paling Timur, Merauke, Papua. Memiliki ratusan suku, ragam adat istiadat, ragam bahasa dan ragam agama menjadi sebuah kekayaan besar bangsa kita. Namun kekayaan ini disisi lain juga menjadi titik lemah yang sangat mudah dipermainkan.

Vinsensius_Awey Anggota Fraksi Handap DPRD Kota Surabaya Periode 2014 – 2019

Seperti situasi saat ini, dengan sedikit bumbu gesekan saja terjadi di tengah masyarakat, dapat menimbulkan akibat yang fatal. Sudah sering terjadi dan kita belajar dari sejarah peristiwa terdahulu maupun kita saksikan sendiri di beberapa peristiwa yang mencabik-cabik rasa nasionalisme kebangsaan kita. Perang antar suku, pemberontakan, tawuran antar warga, pembakaran rumah ibadah, terorisme, diskriminasi, intoleransi, radikalisme, hate speech yg dilontarkan di sosial media dan lain-lain yang dapat menjadi pemicu disintegrasi bangsa.

Bhinneka Tunggal Ika jangan hanya sekedar slogan belaka, tetapi harus benar-benar menjiwai perilaku seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali. Dan salah satu hal yang dapat menumbuhkan rasa kebangsaan kita adalah KEBANGKITAN NASIONAL, bangkit dari perseteruan, bangkit dari keterpurukan, bangkit dari ketertinggalan, bangkit dari ketidakadilan, bangkit dari kemiskinan dan kebodohan. Kalau bahasa anak gaul sekarang : MOVE ON

Pemerintah haruslah hadir memberikan ketentraman, kesejukan, kesejahteraan dan terlebih khusus memberikan perlakuan yang sama terhadap seluruh rakyatnya di manapun berada, dari Sabang sampai Marauke tanpa memandang suku, agama, etnis, ras, daerah dan lain lainnya. Pemerintah harus mengedepankan POLITIK KEBANGSAAN. Perhatian tidak hanya tertuju pada satu dua golongan saja dan pembangunan juga tidak boleh hanya terjadi di satu pulau atau wilayah tertentu saja. Pembangunan harus merata disegala aspek kehidupan. Bila rakyat di satu wilayah sejahtera maka rakyat di wilayah lain juga harus sejahtera agar asas Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia dapat diwujudkan.

Vinsensius Awey Anggota Fraksi Handap DPRD Kota Surabaya Periode 2014 – 2019

Memperingati KEBANGKITAN NASIONAL merupakan peringatan kita akan peristiwa bangkitnya semangat PERSATUAN, KESATUAN dan NASIONALISME diikuti dengan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia saat itu. Selama masa penjajahan semangat kebangkitan nasional itu tidak pernah muncul hingga berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 dan ikrar Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Dgn demikian hari Kebangkitan Nasional kekinian, adalah merupakan momentum bagi kita untuk melakukan REKONSILIASI NASIONAL & TAUHID NASIONAL untuk mengwujudkan kesejahteraan nasional, kedamaian bangsa, persatuan dan kesatuan bangsa, harmonisasi dalam keberagaman, kerukunan umat beragama dan mandiri dalam perekonomian. (Author: VINSENSIUS AWEY, Anggota DPRD Kota Surabaya periode 2014-2019)