D-ONENEWS.COM

Keluarkan Milliaran Rupiah Untuk Perbaiki Pipa PDAM

ipam_pdamSurabaya,(DOC) – PDAM Surya Sembada Surabaya harus mengeluarkan anggaran sekitar Rp. 10 – 11 miliar guna merehabilitasi  instalasi pipa yang rusak. Manager Senior Pemeliharaan PDAM, Nanang Widyatmoko mengatakan, besaran biaya perbaikan itu untuk mengganti pipa PDAM  yang panjangnya sekitar 8,5 KM.
“Total sekitar Rp. 10 – 11 M untuk rehabilitasi pipa tahun ini,” terangnya. Selasa (1/3/2016)
Ia mengungkapkan, biaya terbesar digunakan untuk memperbaiki pipa PDAM dari Kalijudan hingga Kenjeran yang nilainya mencapai Rp. 4,5 miliar.
Nanang mengungkapkan, PDAM Surya Sembada melakukan pemeliharaan preventif dan korektif dalam mengatasi maslah kebocoran. Tindakan korektif langsung dilaksanakan begitu pihaknya menerima aduan dari pelanggan soal kebocoran. Sedangkan Preventif, dengan cara merehabilitasi pipa.
“Namun untuk rehabilitasi kesulitannya karea peruntukan jalan saat ini beda dengan dulu,” terangnya
Ia menegaskan, karena banyak pelebaran jalan, akibatnya pipa PDAM posisinya banyak di tengah jalan raya, diantaranya pipa yang ada di jalan A. Yani.
“Di Jalan A. Yani, pipa PDAM berada di tengah dua ruas jalan raya. Tepat di bawah taman pemisah,” tutur Nanang.
Nanang menambahkan, kerusakan pipa PDAm sebagian besar, diakibatkan oleh beban kendaraan, disamping usia pipa yang sudah tua. Namun demikian, Ia mengaku kesulitan dalam mengatasi kebocoran pipa yang ada di kawasan tengah kota. Pasalnya, di wilayah tersebut, ada larangan penggalian pipa hingga beberapa meter.
“Sistem open cut gak diperbolehkan, jika ada perbaikan dengan sistem jacking, yakni menggali di titik tertentu,” paparnya.
Perbaikan pipa dengan cara Jacking menurutnya kerapkali dilakukan dilakukan pada kegiatan pemasangan maupun perbaikan kabel fiber optik.
“tetapi kita tak bisa menggunakan sembaran pipa, perlu yang lentur,” katanya.(k4/r7)

Loading...