Kerjasama RI-Malaysia Ada Kemajuan

Tidak ada komentar 91 views

Malaysia, (DOC) – Meski ada masalah, ternyata kerjasama RI-Malaysia ada kemajuan. “Kami memiliki komitmen dan semangat yang sama untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang,” kata Presiden SBY.

Dalam konperensi pers yang diselenggarakannya Pertemuan Konsultasi Tahunan ke-9 antara Indonesia dan Malaysia itu, Presiden SBY menjelaskan, di bidang ekonomi, kedua negara sedang bergerak meningkatkan kerja sama perdagangan.

“Dukungan dan kerja sama kedua negara memiliki kemajuan yang baik dan nyata,” kata Presiden SBY.

Indonesia dan Malaysia, menurut SBY, menyadari bahwa untuk jangka panjang masih banyak ruang yang bisa digunakan untuk meningkatkan kerja sama.

“Ekonomi Indonesia masih memiliki ruang mengingat pertumbuhan yang baik beberapa tahun terakhir,” ujarnya.

Presiden SBY meyakini, bahwa kerja sama akan makin kokoh manakala kedua negara mampu menjaga kedekatan hubungan militer, kerja sama ekonomi, pendidikan, dan pariwisata.

Menyangkut kemajuan perundingan perbatasan, kedua negara berharap ada konklusi yang baik dan tepat di tahun-tahun mendatang.

“Sudah dicapai kemajuan yang nyata sejauh ini. Sebagai tetangga dekat, selalu ada isu yang menyangkut hubungan bilateral kedua negara,” Presiden SBY menjelaskan.

Meski demikian, Presiden tidak memungkiri sejumlah isu masih memerlukan penanganan yang lebih baik, misalnya masalah ketenagakerjaan. Presiden menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Malaysia yang telah membantu pendidikan anak-anak tenaga kerja Indonesia (TKI), khususnya di Sarawak. (kmd/r4)