Kesadaran Warga Surabaya Rendah Urus SIUP dan TDP

Tidak ada komentar 328 views

Surabaya,(DOC) – Kesadaran warga Surabaya untuk mengurus Surat Izin Usaha Perdaganagn (SiUP) Tanda Daftar Perusahaan (TDP) ternyata masih rendah. Berdasarkan data yang ada di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Surabaya, hingga saat ini masih tercatat 60 persen pengusaha di Surabaya yang belum memiliki Siup PDT.
“Saya sendiri tidak tahu kenapa kok masih banyak warga yang tercatat belum memilikinya,” ungkap Plt Kadis Disperindag, Agus Eko Supiadi.
Agus Eko Supiadi menjelaskan, bukti kepemilikan Siup PDT memiliki arti penting bagi warga Surabaya yang bekerja di bidang wirausaha. Bahkan ketika hendak mengajuan pinjaman ke bank, hampir dipastikan pihak bank selalu mempertanyakan ijin tersebut.
“Tidak hanya bank, bahkan ketika satpol PP ketika menggelar operasi juga kerap mempertanyakan ijin Siup,” terangnya.
Menurut Agus Eko Supiadi, sebenarnya pihaknya telah melakukan jemput bola ke lapangan guna menekan masih rendahnya warga yang belum memiliki ijin Siup PDT. Diantaranya dengan mendatangi mall-mall dan kecamatan yang ada di Surabaya. “padahal, proses pengurusan ijin tersebut gratis,” cetus Agus Eko Supiadi.
Oleh karena itu, bertepatan dengan digelarnya pameran Surabaya Great Expo 2013 yang dimulai pada hari ini, (12/6/2013) hingga 16 Juni 2013 di Convention Hall Tunjungan Plaza 3 Lantai 6 Surabaya.
“Sejak tahun 2005 hingga sekarang sudah ada sekitar 80 ribu warga yang telah mengajukan. atau rata-rata per tahunya, sekitar 20 ribu pemohon,” sebutnya. (k1/r4)