Kesemutan di Kepala, Pertanda Apa?

Tidak ada komentar 24 views

kesemutan di kepala

Jakarta, (DOC) – Suka kesemutan di tangan atau kaki, mungkin merupakan hal yang sudah biasa untuk Anda. Ini mungkin terjadi karena adanya penyumbatan aliran darah, misalnya saat Anda berada pada posisi tertentu yang terlalu lama, menekuk kaki terlalu lama, dan sebagainya. Namun, bagaimana jika kesemutan terjadi di kepala?

Nah, kesemutan di kepala bisa menjadi tanda dari masalah tertentu, mulai dari tingkat ringan sampai serius. Pertama, kesemutan di kepala bisa menjadi tanda dari migrain (sakit kepala sebelah). Selain kesemutan, biasanya migrain juga dibarengi dengan mual, muntah, atau menjadi sensitif terhadap suara keras dan cahaya terang.

Kedua, kesemutan di kepala juga bisa menjadi tanda dari stres. Nah, apakah Anda sering merasa stres sehingga sering juga merasa kesemutan di kepala? Stres akut yang gejalanya berkembang dengan cepat tapi tidak berlangsung lama dapat menyebabkan kepala Anda terasa kesemutan. Selain kesemutan, Anda juga bisa mengalami cemas, susah tidur, tidak bersemangat, emosi tidak stabil, mimpi buruk, jantung berdetak cepat, pusing, mual, sakit dada, sakit perut, susah bernapas, dan ingin sendiri.

Ketiga, kesemutan di kepala bisa disebabkan oleh neuralgia oksipital, yaitu gangguan pada salah satu saraf yang berjejer dari atas saraf tulang belakang ke kulit kepala. Biasanya, kesemutan karena hal ini terjadi di sebelah kanan kepala. Selain kesemutan, masalah ini juga ditandai dengan sakit ketika menggerakkan leher, kulit kepala sakit saat disentuh, sensitif terhadap cahaya, dan sakit di belakang mata.

Keempat, kesemutan di kepala bisa terjadi karena neuropati kranial. Ini merupakan kondisi di mana terjadi kerusakan pada saraf kranial. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh penyakit tertentu seperti diabetes atau karena cedera di kepala.

Kelima, kesemutan di kepala juga bisa menjadi tanda dari stroke ringan. Kesemutan mungkin tidak hanya di kepala, tapi di seluruh salah satu sisi tubuh. Selain itu, tanda lain dari stroke ringan, yaitu sulit berjalan tiba-tiba, sulit menjaga keseimbangan, mendadak bingung, sulit mengerti perkataan orang lain, sulit bicara tiba-tiba, dan pandangan berubah. (and)