Ketua Dewan ‘Kampanye Pencitraan’, Pangkas Kunker

Surabaya, (DOC) – Ketua DPRD Surabaya Mochammad Machmud sesumbar akan memangkas jadwal kunjungan kerja dewan. Padahal tahun 2012, diakui Ketua Komisi D DPRD Surabaya Baktiono ada 20 kunjungan kerja dewan yang dananya dikembalikan, karena tak terlaksana.
Dari keterangan Machmud, dewan sedang menghitung ulang anggaran kunjungan kerja tersebut. Dari hasil analisa itu, anggaran kunjungan kerja yang dipangkas itu mencapai Rp12 miliar dari total anggaran mencapai Rp40 miliar.
Selain untuk penghematan, anggaran itu juga akan dialihkan untuk kegiatan atau kepentingan lain, khususnya kepentingan masyarakat. Namun hal ini bukanlah prestasi Machmud selama menjadi pimpinan dewan, karena pada tahun-tahun sebelumnya juga banyak rencana kunjungan kerja dewan yang dibatalkan alias dikembalikan.
Menurut Machmud, pemangkasan anggaran kunjungan kerja itu akan dilakukan dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) mendatang. Machmud juga mengaku tak akan takut jika ada anggota dewan yang menentangnya, karena itu hal biasa. Alasannya, niat baik itu belum tentu akan mendapat tanggapan baik pula.
Bagi Baktiono, selain tahun sebelumnya sudah banyak kunjungan kerja yang dipangkas, pengalihan anggaranya juga selalu untuk kepentingan masyarakat, tak pernah untuk kepentingan dewan. Namun Baktiono enggan menuding jika hal itu hanyalah upaya pencitraan pimpinan dewan. Sebab, saat ini memang sudah mendekati masa kampanye calon legislatif untuk Pemilu 2014. (co/k4/r4)