Ketua DPD Golkar Jatim Masih Jadi Rebutan

Tidak ada komentar 156 views

Surabaya,(DOC) – Meski DPP Partai Golkar (PG) sudah memastikan pemberhentian Zainuddin Amali dari kursi ketua DPD PG Jatim, siapa yang bakal mengisi kursi lowong itu ternyata masih misterius.

Pasalnya, DPP PG masih menyimpan rapat surat keputusan penggantian Zainuddin. Hingga kemarin, pengurus DPD PG Jatim belum menerima surat resmi pergantian tersebut.

Bahkan, kabar terbaru, nama Edi Kuntadi yang sudah santer diputuskan bakal duduk di kursi ketua, masih berpotensi bisa berubah. Maklum, sejumlah manuver mulai bermunculan di internal PG pasca pemberhentian Zainuddin.

Saat dikonfirmasi kemarin,  Edi Kuntadi mengaku belum mendapat kepastian soal penetapan dirinya sebagai ketua PG Jatim. ”Belum ada keputusani tu. Sebab, SK (surat keputusan)-nya belum ada,” kata Edi.

Dia juga enggan berkomentar banyak soal kondisi yang terjadi di internal PG Jatim saat ini. ”Kita tunggu keputusan DPP saja,” ujar anggota DPR RI 2009-2010 dari Dapil X Jatim (Gresik-Lamongan) itu.

Senada, sejumlah fungsionaris DPD PG Jatim juga belum mendapat surat keputusan itu. Bahkan, sejumlah pengurus mengaku jika hingga kini kepengurusan partai beringin itu masih dipimpin oleh Zainuddin Amali. ”Karena belum ada keputusan resmi, hingga kini kami masih menganggap beliau sebagai ketua,” kata fungsionaris PG Jatim, Sahat Tua Simanjuntak.

Terkait keputusan DPP yang santer bakal menunjuk Edi Kuntadi, politisi yang juga anggota DPRD Jatim itu memilih diplomatis. Dia menyebut, siapapun pengganti Zainuddin nanti, dipastikan tidak akan terlalu susah untuk memimpin PG Jatim. ”Sebab, pak Zainuddin sudah banyak melakukan perbaikan positif di internal partai. Karena itu, siapapun yang mengganti, pasti akan lebih mudah,” ujarnya.

Lantas, kenapa hingga kini kepastian pergantian kursi ketua DPD PG Jatim masih simpangsiur? Kabar yang beredar, hal ini tak lepas dari manuver yang mulai bergolak di internal partai tersebut. Di mana, sejumlah nama dikabarkan tengah menjajagi untuk bisa berebut jatah kursi ketua DPD PG.

Gara-gara itu lah, meski DPP PG sudah sreg menunjuk nama Edi Kuntadi, muncul kubu yang juga berupaya menyodorkan nama baru untuk mengganti Zainuddin. ”Jadi, saat ini masih belum pasti,” ujar sumber di internal Partai Golkar.

Seperti diberitakan kemarin, situasi di internal DPD PG Jatim tengah menghangat. Ini seiring keputusan DPP yang sepakat mencopot Zainuddin Amali dari kursi ketua. Pencopotan ini sendiri tak lepas dari sikap Zainuddin yang tidak menjalankan instruksi partai di saat pengesahan RUU Pilkada beberapa waktu lalu di DPR RI. Di saat mayoritas kader Golkar memilih Pilkada dipilih lewat DPRD, Zainuddin dan sejumlah kader lain menolak dan lebih memilih opsi Pilkada tetap dilakukan secara langsung.

Zainuddin sendiri hingga kemarin juga mengaku masih belum mendapat SK tersebut. ”Yang jelas, jika memang diputuskan seperti itu, saya hanya ingin ada kejelasan dari partai terkait alasan apa yang membuat saya diberhentikan,” katanya.(r7)