Khofifah Bantu Relokasi Korban Longsor Pacitan

Pacitan, (DOC) – Bencana longsor yang melanda Kabupaten Pacitan menyebabkan puluhan orang meninggal dunia serta puluhan rumah warga tertimbun. Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa meminta agar Pemkab Pacitan melakukan asessmen terhadap jumlah rumah yang tertimbun longsor dan melakukan relokasi rumah warga yang dinyatakan rawan longsor.

Berbagai bencana alam telah terjadi di Indonesia, di Jawa Timur sendiri juga terjadi bencana alam banjir dan longsor dan yang paling parah adalah di Kabupaten Pacitan. Kejadian banjir dan longsor ini menimbulkan banyak korban dan kerugian materi hingga miliaran rupiah. Seluruh korban banjir maupun longsor sudah berhasil dievakuasi oleh tim Basarnas dan sejumlah relawan.

Longsor yang melanda Pacitan terdapat di 4 kecamatan. Daerah yang paling parah di Kecamatan Kebonagung.

Khofifah mengatakan, untuk relokasi rumah warga yang menjadi korban longsor maupun daerah rawan longsor menjadi tanggung jawab Pemda dan Kementerian Sosial masih menunggu keputusan dari Pemkab Pacitan untuk pendataan rumah yang akan direlokasi dan nantinya Kemensos akan membantu.(rb/ziz)