Khofifah : Butuh Rp 12 T untuk Angkat Perangkat Desa jadi PNS

Jember (DOC) – Ketua Umum Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa mendukung pengangkatan perangkat desa menjadi pegawai negeri sipil. Hal tersebut diungkap Khofifah, usai menghadiri acara peringatan hari jadi Persatuan Perangkat Desa Indonesia Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (6/1).

Menurut dia, apabila perangkat desa diangkat menjadi pegawai negeri sipil, maka pemerintah harus menyediakan Rp 12 triliun untuk menggaji dan memberikan hak-hak sebagai PNS kepada mereka. Dana sebesar ini, menurut Khofifah, hendaknya didanai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

“Kalau dibebankan ke APBD mungkin banyak yang terbebani. Tapi kalau APBN, hitung-hitungannya rasional sekali,” kata Khofifah.

Menurut Khofifah, Rp 12 triliun bisa diambilkan dari pengalihan subsidi minyak dan listrik bagi perusahaan pupuk. Pemerintah juga bisa melakukan efisiensi agar bisa merelokasi anggaran yang seharusnya bagi subsidi minyak untuk gaji perangkat desa.

Khofifah berpandangan, pengangkatan perangkat desa menjadi PNS merupakan bagian dari penyelesaian krisis pangan di Indonesia. Ini merupakan upaya menyejahterakan aparat yang memberikan pelayanan kepada masyarakat desa.(bjt/r3)