D-ONENEWS.COM

Khofifah-Emil Menang Tipis Di Surabaya, Berdasarkan Situng KPU

Foto : Khofifah – Emil bersama pendukung wanita(dok)

Surabaya,(DOC) – Sistem hitung (Situng) real count KPU kota Surabaya hingga pukul 16.35 Wib, Kamis(28/6/2018), entry data perolehan suara Pilgub Jatim 2018 di Surabaya telah mencapai 99.72 persen.

Berdasarkan data Situng yang dihitung mengacu pada formulir C – KWK dan C1 – KWK, perolehan suara pasangan Khofifah Indar Parawansah – Emil Dardak lebih unggul dibandingkan pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) – Puti Guntur.

Pasangan nomor urut 1, Khofifah-Emil mendapatkan suara sebanyak 50,80 persen atau sebesar 576.663 suara. Sedang Gus Ipul-Puti mendapat suara 49,20 persen atau sebanyak 558.484 suara.

Menanggapi informasi itu, Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi mengatakan bahwa pihaknya mengimbau agar semua pihak saat ini terus bersabar dan menunggu rekapitulasi final yang akan dilakukan KPU.

“Saat ini proses rekapitulasi kan masih terus berjalan. Silakan ditunggu saja terlebih dahulu,” kata Nur Syamsi.

Di sisi lain, alumnus Unesa ini mengungkapkan bahwa ada peningkatan partisipasi publik di Kota Surabaya pada momen Pilkada Serentak 2018 apabila dibandingkan dengan Pilkada Serentak 2015.

Menurut Nur Syamsi, pada Pilkada Serentak 2015 lalu, partisipasi publik berdasarkan hasil rekapitulasi perhitungan final, sebesar 51.8 persen. Sekarang pada Pilgub Jatim 2018, partisipasi masyarakat meningkat menjadi 58,73 persen.

“Prosentase itu berdasarkan entry data sekitar 93 persen lewat situng KPU, partisipasi publik Pilkada Serentak 2018 untuk kota Surabaya meningkat menjadi 58.73 persen. Memang ini belum final, tapi kami harap trend ini terus terjadi sampai rekapitulasi manual KPU selesai,” ujarnya.

Seperti di ketahui kota Surabaya merupakan kota basis massa PDIP yang mencalonkan pasangan nomer urut 2 Gus Ipul – Puti. Namun dalam Pilgub Jatim 2018 peta politik berubah dan tak sesuai prediksi, setelah pasangan Khofifah-Emil menang, meski hanya selisih tipis.

Wakil Ketua DPD Partai Demokrat kota Surabaya, Junaedi, menyatakan, mesin partai pengusung dan partai pendukung memang bekerja gigih untuk merebut suara untuk pasangan Khofifah-Emil pada Pilgub Jatim 2018.

“Ini kesolidan mesin partai untuk memenangkan Pilgub Jatim memang tak diragukan lagi. Kami juga berterimakasih pada masyarakat yang telah memberi amanah,” ungkap Junaedi via selulernya, Kamis(28/6/2018).

Seperti diketahui Khofifah – Emil diusung oleh partai Demokrat, Golkar, PPP, Hanura dan Nasdem. Sementara Gus Ipul – Puti diusung oleh PKB, PDIP, PKS dan Gerindra.(rob/r7)

Loading...

baca juga