Khofifah-Emil Unggul Di Surabaya, Selisih 18.398 Suara Dengan Gus Ipul-Puti

foto : komisioner KPU kota Surabaya

Surabaya,(DOC) – Pasangan Khofifah Indar Parawansah dan Emil Dardak dinyatakan unggul pada perolehan suara Pilgub Jatim di wilayah kota Surabaya, berdasarkan hasil rekapitulasi pemungutan suara di tingkat kota yang digelar KPU Surabaya, Kamis(5/7/2018).

Berdasarkan hasil rekapitulasi tersebut, pasangan Khofifah-Emil memperoleh total suara sebanyak 579.246 dan pasangan Gus Ipul-Puti mengantongi 560.848 suara saja.

Dengan demikian, kemenangan Khofifah-Emil selisih 18.398 suara dengan perolehan suara Gus Ipul-Puti.

Seperti pemberitaan sebelumnya, berita acara rekapitulasi suara Pilgub Jatim yang digelar oleh KPU kota Surabaya, tanpa ditanda tangani saksi dari Paslon nomer urut 2. Mengingat interupsi yang dilayangkan saksi Paslon nomer 2 kepihak penyelnggara tidak disikapi dengan tindakan.

Interupsi tersebut yaitu, membuka kotak suara dari TPS 6 dan 7 serta 40 Kecamatan Tambaksari. Menurut Sukadar saksi Paslon nomer 2 yang juga anggota Komisi C dari fraksi PDIP, terdapat perbedaan data jumlah pemilih dan isi pada kotak suara tersebut.

Namun hingga akhirnya rapat pleno, komisioner KPU dan Panwaslu tak membuka kota itu, dan akhirnya KPU memutuskan pasangan Khofifah-Emil Dardak atau Paslon nomor urut 1 meraih suara terbanyak di Kota Pahlawan.

Sementara total suara yang masuk, baik yang sah maupun tidak sah, untuk Kota Surabaya sebanyak 1.166.484 suara. Dari jumlah itu, sebanyak 1.140.094 suara dinyatakan sah sedangkan 26.390 lainnya tidak sah.(rob/r7)