Khofifah Hanya Didukung Masa Mengambang 16 Persen

Tidak ada komentar 146 views

Surabaya,(DOC) – Deni Irvani, peneliti senior dari Saiful Muzani Riset and Konsultan, melangsir kemenangan sementara Pasangan calon Gubernur incumbent Sukarwo – Saifullah Yusuf dalam penghitungan cepat.
Metode quickcount yang menggunakan statisfied clusster sampling, Karsa memperoleh suara 47 persen, dan menang dihampir seluruh wilayah. Sementara rivalnya pasangan Berkah atau Kofifah Herman berada diperingkat kedua dengan peroleh suara sekitar 37 persen lebih. Khofifah menang tipis hanya di zona 9 sampai 10, yaitu didaerah Pantura, Tuban, Gresik dan Sidoarjo.
“Margin error dengan menggunakan metode ini, hanya sekitar 2 persen saja, sehingga bisa dipastikan pasangan Karsa diprediksi menang dan hanya 1 putaran saja, “ tegas Deni, usai penghitungan cepat pilgub jatim di Surabaya Plaza Hotel, Kamis(29/8/2013).
Saat masa kampanye berlangsung, figur Sukarwo lebih dikenal oleh masyarakat Jawa Timur sebagai Gubernur Jatim. Hal ini bisa dilihat dari hasil survey yang dilakukan sebelum pemilihan yang menyatakan, hampir seluruh responden mengenal Sukarwo ketimbang Saifullah Yusuf.
“Pakde dipilih diatas umur 35 sampai 40 th. Sementara berkah dibawahnya. Sampling menunjukkan, masyarakat cenderung puas terhadap kinerja incumbent. Begitu juga dengan masa partai pengusungnya yang juga memberikan konribusi terbesar atas pasangan Karsa. Untuk Kofifah hanya dipilih oleh masa mengambang yang terdeteksi 16 persen,” tambahnya.
Mengenai bentuk partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS dan mengambil hak suaranya, Menurutnya, tingkat partisipasi masyarakat pada Pilgub 2013 kali ini, hanya 59 persen lebih atau selisih sedikit dibanding Pilgub 2008 periode lalu.

Sementara itu di beberapa TPS di Surabaya, memang pasangan nomer urut 1 hampir selalu unggul. Dari pantaun di TPS 26 kelurahan Manyar Sabrangan, Kec. Mulyorejo, Surabaya, TPS sekitar pasangan calon gubernur jatim incumbent, kemenangan Karsa cukup signifikan dengan perolehan suara sebanya 109 Suara. Di urutan ke 2, Pasangan Bambang Said yang diusung oleh PDIP mendapat 15 suara, Pasangan Khofifah Herman mendapat 5 Suara, dan terakhir pasangan independent Eggi-Sihat yang hanya mendapat 1 suara.
Bgeitu juga di TPS 07, kelurahan Pagesangan, Kecamatan Jambangan, atau TPS sekitar pasangan Cagub nomer urut 3 Bambang DH. Pasangan Karsa menang telak selisih 15 Suara dibanding pasangan Bambang Said.(r7)