D-ONENEWS.COM

Khofifah Inginkan Gudang Stok di Setiap Pasar Tradisional

Sidoarjo, (DOC) – Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa kembali blusukan ke Pasar Gedangan, Sidoarjo Sabtu (2/6). Dia ingin silaturahmi sekaligus memantau harga bahan pokok, mengingat jelang lebaran harga kerap melambung tinggi.

Di dalam pasar, Khofifah tidak hanya menyapa satu per satu warga dan pedagang. Dia juga tak segan menanyakan pada para pedagang harga bahan pokok apa saja yang mengalami kenaikan. Mulai cabai, bawang, daging ayam, daging sapi, sampai sayuran.

Hasilnya, mantan Menteri sosial ini mendapati tiga jenis bahan makanan hewani yang diungkapkan oleh para pedagang. “Harga ikan bandeng, daging ayam, dan telur ayam.  Mereka cerita kalau ada kenaikan harga, pedagang juha tidak mudah menaikkan harga ke pembeli,” ujar Khofifah.

Khofifah sendiri menyadari, bahwa saat bulan Ramadhan ini membuat warga masyarat ingin ada perbaikan gizi di menu makanan sehingga ada peningakatan demand atau permintaan di pasar.  Namun pada tingkat supplier tidak ada pertambahan produksi. Sehingga ada kecenderungan untuk kenaikan harga.

“Cara yang perlu dilakukan adalah meningkatkan daya beli masyarakat. Yakni dengan memberikan support untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan memberikan fasilitas pendukung,” urai Khofifah.

Salah satunya, lanjut Khofifah, adalah memberikan support fasilitas kemudahan akses. Nantinya akan berpengaruh pada peningkatan purchasing power atau daya beli.

Selanjutnya, Khofifah juga bertekad untuk memberikan fasilitas pergudangan di pasar tradisional. Dengan begitu akan memotong arus distribusi pasar. Terutama seperti sembako.

“Kalau bandeng atau ikan-ikanan kan memang tergantung dengan masa panen atau ternak. Tapi kalau bahan pokok yang bervolume besar jika disimpan gudang di dalam pasar maka akan memotong biaya banyak hal. Tranportasi atau waktu tempuh,” kata Khofifah.

Bisa juga untuk antisipasi permainan harga dari spekulan. Sehingga Khofifah merasa perlu agar setiap pasar memiliki gudang.

Setali tiga uang bagi pasar induk yang banyak menjual buah-buahan dan sayuran. Gudang yang ingin disediakan Khofifah adalah cold storage sehingga ia tidak mudah busuk dan memudahkan pedagang.

“Untuk harga bandeng memang bergantung pada masa panen dan petani tambak,  bagaimana caranya agar mereka bisa mendapatkan keuntungan dan transaksi yang baik,” pungkasnya. (psb)

Loading...