Kinerja KPU Pusat Dipertanyakan PDI Perjuangan

Tidak ada komentar 163 views

Jakarta, (DOC) – Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Puan Maharani menuding kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak maksimal. Hal itu bisa dilihat dari permasalahan Daftar Pemilih Tetap (DPT) menjelang pelaksanaan pesta demokrasi nasional 2014 mendatang.
“Sampai hari ini saya rasa KPU belum maksimal kerjanya, dan masih banyak hal-hal yang harus segera dieksekusi dalam arti bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu yang akan datang harus dilakukan secara cermat, detail, dan berkoordinasi dengan semua pihak yang terkait,” kata Puan di Komplek Gedung DPR RI, Kamis (24/10/2013).
Menurut Puan, persoalan DPT dan persoalan lainnya dalam pelaksanaan Pemilu bukan merupakan persoalan partainya sebagai peserta Pemilu. Tapi lebih kepada persoalan bangsa ke depannya karena persoalan DPT selalu saja terjadi setiap pelaksaan Pemilu.
“Dan bagaimana kita membawa bangsa ini ke depan, kan tentu saja ini ditentukan oleh KPU yang sesuai undang-undang menjadi pelaksana pemilihan setiap lima tahun. Karena kita mau gak sih punya pemilu yang jurdil, luber untuk punya pimpinan yang bener-benar diinginkan oleh rakyat,” katanya.
Puan menambahkan bahwa dirinya akan menunggu kinerja KPU yang ingin memperbaiki permasalahan DPT dua minggu. Diharapkan Puan, perbaikan dan akurasi data tersebut tidak menjadi salah satu permainan yang dipermainkan, ataupun yang dipolitisasi. Ketika tidak data tidak dipolitisasi, lanjut Puan, demokrasi dalam Pemilu bisa berjalan baik sesuai dengan aturan perundang-undangan.
“Jadi KPU menyatakan dirinya akan siap dalam waktu dua minggu tapi, PDIP khususnya akan tetap mengawal persamaan akurasi DPT yang akan katanya dua minggu ini selesai. Ini kan masalahnya bukan waktu yang harus dibatasi, tetapi masalahnya kan mampu atau tidak. Yang penting pelaksanaan pemilu itu tidak boleh bergeser. Jadi sebenarnya masih ada waktu. Jadi kita tunggu saja dua minggu lagi,” katanya. (sc/r4)