Selundupkan Satwa Koleksi KBS Ke WBL

Tidak ada komentar 210 views

Surabaya,(DOC) – Setelah berhasil mengirim satwa Kebun Binatang Surabaya (KBS), ke daerah lain tanpa tujuan yang tidak jelas, kini Tim Pengelola Sementara (TPS) Kebun Binatang Surabaya (KBS), kembali mengirimkan hewannya ke Mirah Fantasi Banyuwangi. Pengiriman satu ekor gajah yang tersisa dari pengiriman sebelumnya, bakal dilakukan petang ini, Kamis (20/6/2013).

Namun diperoleh informasi jika pengiriman itu juga bakal disertai pengiriman hewan lain ke tempat lain. Ada dugaan, hewan-hewan lain dikirim ke Wisata Bahari Lamongan.

“Kalau gajah yang dikirim petang ini adalah anaknya yang bernama Restu. Ini dikirim karena ada informasi sudah terlanjur dijual ke pihak lain. Nah tadi pagi ada penangkapan beberapa rusa yang akan dikirim ke WBL. Kotak yang disiapkan mencapai 30-40 kotak. Yang terbaru, dari Lembah Hijau Lampung sudah ada beberapa orang yang dilatih atau belajar di KBS, sejak dua hari ini. Rencananya pelatihan itu selama 10 hari. Ada dugaan, pelatihan itu untuk membawa hewan ke Lembah Hijau,” beber sumber di lingkungan KBS.

Sumber itu juga mengatakan, ada 13 rusa, 4 pelikan yang siap dikirim ke WBL. Sementara rusa dan dua banteng direncanakan dikirim ke Lembah Hijau Lampung. Jika pengiriman ini tak ada sama sekali tindakan, sudah pasti satwa koleksi KBS habis dengan sendirinya. Bahkan Pemkot pun akan dengan mudah melakukan eksekusi lahan KBS karena satwa koleksi KBS memang sudah habis.

Dihubungi, Humas KBS Agus Supangkat mengakui jika akan ada pengiriman hewan yang tersisa atas kerjasama dengan Mirah Fantasi Banyuwangi. Namun Agus enggan menyebutkan jenis hewannya. Sementara, dia dengan tegas membantah ada hewan lain yang dikirim ke tempat lain.

“Itu tidak benar, tak ada lagi pengiriman ke tempat lain, hanya ada pengiriman ke Mirah Fantasi dan saat pengiriman yang lalu, memang masih ada satwa yang tersisa, jadi sekarang dikirim. Kalau dengan Lembah Hijau, justru KBS yang akan mendapatkan kiriman satwa berbagai jenis. Ada sekitar 14 jenis satwa yang bakal diterima KBS dari Lembah Hijau,” terang Agus Supangkat.(CO/r4/r7)