Koleksi KBS Semakin Berkurang

Tidak ada komentar 71 views

Surabaya, (DOC) – Seekor Rusa Timor jantan di Kebun Bintang Surabaya (KBS) ditemukan tewas di kandangnya sekitar pukul 02.30 WIB kemarin malam. Rusa tersebut ditemukan mati oleh petugas KBS yang berpatroli. Dari hasil otopsi menunjukkan adanya luka-luka bekas tandukan.
Humas PDTS KBS Agus Supangat menduga, luka-luka yang ada di tubuh rusa berusia 10 tahun itu diduga akibat kalah bertarung dengan rusa jantan lainnya. Menurut Agus, saat ini rusa sedang dalam musim kawin. Sehingga, rusa kandang antara rusa jantan dan betina dipisah. Sehingga, ada kemungkinan, masing-masing hewan dengan nama latin Cervus Timorensis ini bertarung untuk memperebutkan rusa betina.
“Dugaan sementara, rusa ini mati karena kalang bertarung dengan rusa lainnya. Itu ditunjukkan dengan adanya luka bekas tandukan. Kandang tempat rusa yang mati itu ditempati 11 ekor rusa dan semuanya berjenis kelamin jantan,” paparnya.
Untuk pengamanan, petugas keamanan selalu rutin melakukan patroli keliling. Pada dua jam sebelum kejadian, tidak ada masalah apa-apa dan keadaan kandang tenang. Tapi, tiba-tiba saat patroli berikutnya, ada rusa ditemukan sudah tidak bernyawa. Dengan peristiwa ini, koleksi Rusa di KBS kini tersisa 21 ekor, di antaranya 14 ekor jantan, lima betina dan dua anakan yang belum diketahui jenis kelaminnya.
“Otopsi sudah kami lakukan pada pagi tadi (kemarin). Otopsi ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada penyebab lain dari kematian rusa ini. Hasilnya, kematian rusa ini murni akibat perkelahian sesama rusa jantan. Ini sudah biasa terjadi di dunia satwa, yaitu berkelahi sampai mati,” ujar Direktur Operasional PDTS KBS, Liang Kaspe. (r4)