Komandan Taliban Pakistan Ditangkap AS

Tidak ada komentar 68 views

Washington, (DOC) – Seorang komandan senior Taliban Pakistan, Latif Mesud, berhasil ditangkap oleh pasukan Amerika Serikat.
Departemen Luar Negeri AS yang mengeluarkan pernyataan tidak memberikan rincian tentang operasi penangkapannya selain dia ditangkap di Afghanistan timur dan dibawa ke pangkalan militer AS di Bagram, di dekat ibukota Kabul.
Dia dilaporkan sedang dalam perjalanan pulang dari pembicaran tentang pertukaran tahanan dengan para aparat intelijen Afghanistan.
Pemerintah Amerika Serikat menyebutnya sebagai ‘pemimpin teroris’ dan merupakan kawan dekat pemimpin Taliban Pakistan, Hakimullah Mehsud.
Penangkapannya disebut membuat marah Presiden Afghanistan, Hamid Karzai, yang sedang melakukan perundingan di Kabul dengan Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, Sabtu 12 Oktober.
Seorang juru bicara Presiden Hamid Karzai, Aimal Faizi, mengatakan kepada harian Washington Post, “Amerika memaksa untuk menyingkirkannya dan membawanya ke Bagram.”
Faizi mengatakan Mehsud akhirnya bersedia berunding dengan intelijen Afghanistan setelah pendekatan selama berbulan-bulan.
Sebelumnya, sejumlah media Pakistan dan AS memberitakan bahwa pemerintah Karzai ingin merekrutnya sebagai penghubung dalam upaya perundingan damai.
Kelompok Taliban Pakistan dituduh bertanggung jawab atas serangkaian serangan di Pakistan yang menewaskan ribuan orang.
Mereka juga dituding berada di belakang upaya pemboman Times Square di New York tahun 2010 dan beberapa serangan atas diplomat AS di Pakistan maupun penduduk sipil.
Pengumuman tentang penangkapan Mehsud ini bersamaan dengan perundingan antara Afghanistan dan AS mengenai kesepakatan keamanan yang selama ini belum tercapai.
Kesepakatan akan mengatur keberadaan pasukan AS untuk di Afghanistan setelah penarikan mundur pasukan NATO dari negara itu tahun 2014.
Pekan lalu, Presiden Hamid Karzai mengatakan NATO telah gagal menciptakan stabilitas di negaranya selama satu dekade berada di sana.
Karzai -yang masa jabatannya sebagai presiden tinggal enam bulan lagi hingga pemilihan presiden April 2014- menambahkan bahwa prioritasnya kini adalah membawa keamanan dan stabilitas ke Afghanistan, termasuk kesepakatan berbagi kekuasaan dengan Taliban. (bbc/r4)