Komisi A Segera Melakukan Sidak Ke Warga Keputih

Tidak ada komentar 132 views

Surabaya,(DOC) – Komisi A DPRD kota Surabaya berencana melakukan kunjungan ke warga Keputih Timur Pompa Air, Kelurahan Keputih Sukolilo,

Akibat kasus sengketa lahan yang mereka tempati antara Dinas PU Pengairan Pemerintah Provinsi Jatim dengan Pakuwon Jati, hingga saat ini mereka belum menikmati air bersih PDAM Surabaya.

Wakil Ketua Komisi A DPRD kota Surabaya, Adi Sutarwiyono mengaku prihatin mendengar keluhan warga Keputih ini.

“Karena air bersih itu menyangkut kebutuhan pokok, maka kami tidak ragu-ragu membela kepentingan masyarakat, kami akan datang ke lokasi dengan tujuan ingin mengetahui kondisi yang sebenarnya,” ucap Adi, yang langsung di dukung oleh Herlina Harsono Njoto Ketua Komisi A, Senin (26/9/2016) kemarin.

Sementara di waktu terpisah, 4 orang perwakilan warga mendatangi gedung DPRD kota Surabaya untuk mendorong DPRD Surabaya membantu kesulitan warga dalam mendapatkan jaringan pipa air Pdam.

Mereka sempat di temui oleh Vinsensius Awey anggota Komisi C, di ruangan fraksi Handap DPRD kota Surabaya, Senin(26/9/2016) sore hari.

Hendrik salah satu perwakilan warga Keputih menyatakan, sejak 2005 lalu, pengajuan warga Keputih tak dikabulkan oleh PDAM karena status tanah yang mereka tempati terjadi sengketa.

“Dulu kita mendapat izin menempati lahan itu dari Dinas PU Pengairan Pemprov Jatim. Tapi ketika kami mengajukan permohonona jaringan Pdam, ternyata tanah itu sudah berpindah ke pihak Pakuwon Jati yang sudah mempunyai bukti Sertifikat dari BPN,” jelasnya.

Kurang lebih 200 KK yang menempati lahan itu selama 17 tahun. Menurut Hendri warga pernah dipertemukan dengan pihak Pdam yang dimediasi oleh pihak Kelurahan. “Hasilnya tetap saja, PDAM tak mau ambil resiko, menunggu status tanahnya jelas dulu. Ya resikonya kita harus beli air, sehari Rp20 ribu,” pungkasnya.(spn/r7)