Konjen Australia Siap Kembangkan Investasi di Jawa Timur

Surabaya (DOC) – Chris Barnes, Konjen Australia di Surabaya dengan didampingi dua orang stafnya melakukan kunjungan dan bertemu dengan Gubernur Jawa Timur H Soekarwo di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (25/9).

“Pertemuan ini dalam rangka memperkenalkan diri sebagai konsulat baru dan pertama kali bertugas di Surabaya dan Jawa Timur,” ujar Chris Barnes

Ia mengatakan, pertemuan tersebut lebih fokus pada hubungan perdagangan dan investasi serta lebih mendekatkan hubungan antara masyarakat Australia dengan masyarakat Jawa Timur. Dalam pertemuan tersebut juga membahas peningkatan pendidikan dan sektor maritim.

Pada sektor industri, Australia juga sangat mendukung pertumbuhan industri di Jawa Timur. “Beberapa perusahaan Australia banyak ada di Jawa Timur dan Jawa Timur merupakan tempat yang menarik untuk berinvestasi bagi perusahaan Australia,” tambahnya.

Gubernur Jawa Timur, H Soekarwo mengucapkan terima kasih atas dibukanya Konsulat Jenderal Australia yang akan menambah persaudaraan dan nilai tambah bagi masyarakat Jawa Timur. “Ini akan semakin memberikan nilai tambah bagi Jawa Timur,” ujarnya.

Gubernur mengatakan Jawa Timur adalah daerah agro yang terus mengalami peningkatan. Oleh karena itu, hubungan dengan Australia menjadi penting karena sangat berpengalaman dibidang agro. Selain itu investasi industri sektor manufaktur di Jawa Timur sangat menjanjikan dan cocok buat Australia.
“Memasarkan produk, tempatnya di Jawa Timur, karena konekting dan logistiknya ada di Jawa Timur, ada 120 juta pasar dan merupakan bagian dari perdagangan Asean,” ujarnya. (D02)