Konjen Jepang Beri Orientasi 28 Orang Penerima Beasiswa

Foto : Para penerima beasiswa bersama Konjen(tengah baris kedua)

Surabaya,(DOC) – Konsul Jenderal Jepang di Surabaya menggelar orientasi untuk para penerima beasiswa pemerintah Jepang, Monbukangakusho/MEXT (Ministry of Education, Culture, Sport, Science and Technology) tahun anggaran 2017 dengan berbagai program yakni Japanese Studies, Teacher Training, S-1, Research Student, S-2 dan S-3 melalui rekomendasi universitas di Jepang serta program training jangka panjang JICA “Innovative Asia 2017”.

Kegiatan yang dikemas dalam makan siang bersama di kediaman Konsul Jendral Jepang, dihadiri 28 orang penerima beasiswa, Selasa(19/9/2017) lalu.
Mereka yang berasal dari Surabaya, Malang, Jember dan daerah lain di Jatim, akan menempuh study di Jepang mulai bulan September dan Oktober pada tahun ini.

“Saya sangat senang karena banyak penerima beasiswa berasal dari Jawa Timur. Sebelum berangkat ke Jepang mungkin banyak kekhawatiran, namun dengan nasehat-nasehat dari para senior yang berbagi pengalaman dalam orientasi ini bisa menepis kekhawatiran tersebut dan berangkat dengan tenang. Saya harap anda sekalian dapat menimba ilmu sebanyak-banyaknya di Jepang serta berperan aktif sebagai jembatan penghubung Jepang-Indonesia”, ungkap Konjen Jepang, Masaki Tani, dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu, para penerima beasiswa juga memperkenalkan diri satu-persatu sekaligus memaparkan visinya menempuh studi ke Jepang.

Alumnus penerima beasiswa pada tahun sebelumnya, yaitu 2 anggota Persada (Perhimpunan Alumni Dari Jepang) Maretaningtias Dwi Ariani, drg, M.Kes.Ph.D dan Karina Erda S.KG, juga diundang dalam acara ini untuk berbagi pengalaman tentang kiat-kiat studi termasuk tentang sosialita masyarakat Jepang.

Kedua alumnus beasiswa Jepang yang berasal dari Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Airlangga, dulu menempuh pendidikan di Universitas Hiroshima.(rob)