Korban Tewas Longsor Cibogo, Bogor Sudah Ditemukan

Tidak ada komentar 132 views

Bogor, (DOC) – Enam korban yang tertimbun longsor di Kampung Cibogo, Desa Cipayung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor yang terjadi pada Selasa (15/1/2013) pukul 06.00,  sudah berhasil dievakuasi. Semua korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, yaitu Haris (55), Hendi (12), Inem (45), Roni, Robi dan Ita.

Inem, Roni, Robi dan Ita adalah istri dan anak-anak Maman, yang saat longsor berada di dalam rumah. Sedangkan Maman bekerja mengemudi mobil box dari Cipanas ke Jakarta.

Korban masih dilakukan penanganan oleh petugas. BPBD Bogor, BPBD Jawa Barat, Tagana, TNI, Polri, PMI, masyarakat dan lainnya melakukan penanganan bencana. Kepala BNPB telah meninjau lokasi dan memberikan arahan penanganan serta memberikan bantuan kepada BPBD.

Tercatat 3 rumah, 1 masjid, dan 1 warung hancur tertimbun tanah longsor. Permukiman dibangun di bawah tebing tegak lurus yang langsung berbatasan dengan sungai Ciliwung Hulu. Longsor terjadi pada tinggi tebing sekitar 20 meter dan lebar sekitar 10 meter. Tidak ada bangunan talud atau tanaman penguat dari tebing tersebut sehingga sangat mudah longsor. Struktur batuan dan jenis tanahnya gembur sehingga mudah longsor. Potensi longsor susulan masih berpeluang terjadi jika hujan.

Masyarakat dihimbau untuk selalu meningkatkan kesiapsiagaannya dan mengenali kondisi lingkungannya. Permukiman yang berada di daerah rawan longsor seperti di Kec. Megamendung banyak ditemui di Kab. Bogor, Sukabumi, Puncak, Cianjur dan lainnya. Rumah, villa, pusdiklat dan sebagainya dibangun pada daerah rawan longsor tanpa disertai upaya konservasi tanah dan air sehingga wilayah tersebut menjadi wilayah risiko tinggi longsor. (bnpb/r4)