KOREM 081/DSJ Ajak Tertib Berlalulintas

Tidak ada komentar 407 views

Madiun, (DOC) – Usai melaksanakan Upacara 17-an yang dilaksanakan secara rutin setiap bulannya, kali ini suasana Lapangan Mojorejo Kota Madiun nampak berbeda. Sebanyak 300 Prajurit dan PNS Korem 081/DSJ dan anggota Satdijan Madiun, usai upacara langsung mengikuti kegiatan penyuluhan tentang disiplin berlalu lintas dan tips aman dalam berkendaraan di jalan raya dengan narasumber Tim dari Polresta Madiun.
Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menghadapi cuti lebaran dan untuk mencegah terjadinya kerugian materiil serta personil yang lebih besar akibat kecelakaan Lalu Lintas, Salah satu upaya dari Korem 081/DSJ adalah bekerjasama dengan Polresta Madiun untuk memberikan penyuluhan tata tertib berlalu lintas dan tips aman dalam berkendaraan di jalan raya tegas Kasrem Letkol Arh Eko Wibowo Kusrianto,SE.
Jaga serta pegang teguh disiplin berlalu lintas di jalan raya demikian dikatakan Kepala Staf, pada awal pelaksanaan kegiatan penyuluhan, lebih lanjut beliau berpesan kepada seluruh anggota baik Militer maupun PNS agar lebih berhati-hati pada saat mengemudikan kendaraan di jalan raya serta pedomani surat penekanan dan protap penggunaan kendaraan bermotor, sehingga angka kecelakaan di jalan raya bisa lebih diminimalisir.
Jika dicermati dari faktor penyebabnya, ada empat faktor utama yang memicu kecelakaan di jalan raya yaitu kesalahan manusia (human error), infrastruktur jalan kondisi kendaraan, serta faktor alam. Dari keempat faktor ini, kelalaian manusialah yang paling mendominasi (hampir 90%) penyebap terjadinya kecelakaan Lalin dan korban terbanyaknya adalah usia produktif. Faktor kurangnya pengetahuan tentang arti pentingnya kesadaran berlalu lintas, seperti kecenderungan negatif perilaku pengemudi yaitu tidak disiplin pada waktu mengemudi dan kurangnya pengetahuan tentang tata cara mengemudi yang baik.
Ditempat terpisah Kasi Intel Rem 081/DSJ Letkol Inf Fadjar MS, Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud peran aktif pimpinan dalam mencegah terjadinya kerugian materiil dan personel yang lebih besar akibat kecelakaan Lalu Lintas, terlebih saat anggota melaksanakan cuti lebaran, giat ini merupakan perintah dari Komando atas, tegasnya.
Lebih lanjut tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan ini antara lain adalah : menumbuhkan semangat Prajurit dan PNS Korem 081/DSJ dan jajarannya untuk selalu menjaga budaya tertib dan disiplin dalam berlalu lintas, meningkatkan kesadaran masyarakat pengguna jalan khususnya Prajurit, PNS beserta keluarga akan pentingnya mematuhi peraturan dan tata tertib berlalu lintas serta menekan dan menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. (pendam/r4)