Korpri Beri Tali Asih 1.441 Pensiunan

Tidak ada komentar 149 views

Surabaya, (DOC) – Sebagai bentuk perhatian DP Korpri kepada anggotanya yang sudah memasuki usia pensiun, Dewan Pengurus Korpri Provinsi Jawa Timur memberikan tali asih kepada 1.441 orang pensiunan atau purna tugas dan santunan meninggal dunia anggota Korpri Provinsi Jawa Timur.
Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs H. Saifullah Yusuf saat memberikan sambutan pada acara Buka bersama dan pemberian tali asih kepada anggota Korpri yang purna tugas di lingkungan pemprov. Jatim bertempat di Gedung Islamic Centre Jl. Dukuh Kupang Surabaya, Selasa (30/7/2013) malam.
Gus Ipul mengatakan, dari 1.441 orang purna tugas dan meninggal dunia yang menerima tali asih serta santunan itu berasal dari dinas, badan, dan Biro- Biro (SKPD) serta dari instansi vertikal prov. Jatim sebanyak 54 lembaga yang ada di lingkungan pemprov. Jatim. Dari jumlah tersebut terbagi menjadi dua yakni sebanyak 1.354 orang purna tugas dan sebanyak 87 orang menibnggal dunia.
Ditambahkan, tali asih dan santunan ini diberikan kepada senior- senior kita yang telah purna tugas dan kepada saudara- saudara kita yang telah berpulang ke rahmatullah ini dikemas dengan bagus dan apik dalam bentuk berbuka bersama di bulan yang penuh barokah dan berkah yaitu Bulan suci ramadhan. Acara seperti ini memang sangat penting, karena mereka adalah para senior dan perintis yang telah mengabdikan dirinya untuk kita semua para kawula muda. Mereka telah memberikan suri tauladan pada yunior- yuniornya yang saat ini masih menjadi PNS aktif.
“Dengan adanya acara ini berarti kiamat masih jauh. Sebab, cirri- cirri kiamat dekat itu jika orang muda sudah tidak menghormati yang lebih tua, dan yang tua juga tidak menasehati kepada yang muda. Namun di acara ini, yang muda memberikan perhatian dan menghormati yang tua,” ungkapnya.
Sebelum mengakhiri sambutannya, Gus Ipul sapaan lekat Saifullah Yusuf, meminta doa kepada pendahulunya agar dirinya dan Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo, bisa istiqomah melaksanakan amanah yang telah diberikan masyarakat. Banyak warisan tauladan yang telah diberikan para pendahulu dan perlu dilanjutkan generasi saat ini.
“Jawa Timur telah memperoleh predikat pemerintahan terbaik di Indonesia.Semua itu berkat warisan pendahulu, senior yang kini telah purna tugas atau pensiun. Oleh karena itu, kami meminta doa agar Jatim terus menjadi nomor satu di bawah kepemimpinana kami yang baru satu periode dan perlu diteruskan ke periode berikutnya,” tandasnya.
Sementara itu Ktua I DP Korpri Prov. Jatim, Dr. H. Akhmad Sukardi, MM mengatakan, jika melihat para pensiunan yang dating ke Islamic Centre, PNS tidak cocok pension di usia 56 tahun. Sebab, mereka masih tampak gagah, cantik dan sehat semua serta rata- rata mereka masih bisa ber-aktivitas dengan baik. Oleh karena itu, ia berharap usia pension bisa diperpanjang lagi.
“Mudah- mudahan pension bisa menjadi 58 tahun atau 60 tahun. Makanya, saat ini sebelum pension Pemprov. Jatim mengadakan diklat atau pelatihan bagi PNS yang akan memasuki masa purna tugas. Pelatihan entrepreneur pertanian atau usaha lainnya,” tambahnya.
Sukardi mengatakan, pemberian tali asih ini sebentuk kepedulian Korpri Jatim kepada anggotanya yang sudah purna tugas. Saat ini, lanjutnya, bagi yang pension akan mendapat satu kali gaji. Itu adalah bentuk kepedulian Gubernur Jatim DR. H. Soekarwo dan Wagub Jatim Drs. H. Saifullah Yusuf. “ Mudah- mudahan, saat kita pension nanti juga dapat tali asih seperti ini. Malah kalau bisa jumlahnya tambah banyak atau lebih besar lagi. Karena, saat ini kita semua masih aktif, tetapi jangan lupa pelan tapi pasti kita nanti juga akan menyusul seperti mereka. Kalau sudah pension, apalagi yang kita tunggu yaitu tinggal menunggu mati. Ibarat jam, kita- kita ini sudah pukul empat sore dan sebentar lagi matahari tenggelam,” katanya.
Sekretaris DP Korpri prov. Jatim, Drs. H. Hisbul waton,MM menambahkan, dasar acara tali asih ini adalah keputusan Masyawarah Daerah II Kopri Jatim Nomor KEP 01/FORMATUR/MUSDA II/2005 tentang komposisi dan personalia DP Korpri Prov. Jatim massa bhakti 2010 – 2015.
“Untuk pensiunan tali asih, yaitu golongan I dan II mendapatkan uang sebesar Rp 1 juta, sedang untuk golongan III dan IV mendapat tali asih sebesar Rp 500 ribu. Sementara yang meninggal dunia golongan I dan II mendapat santunan sebesar Rp 2 Juta dan golongan III dan IV mendapat santunan sebesar Rp 1 Juta,” terangnya.
Acara tali asih inipun langsung mendapat tanggapan positif dari para pensiunan Pemprov. Jatim. Seperti yang disampaikan Suripto pensiunan RSU dr Soetomo Surabaya. Menurutnya, tali asih yang ia terima nanti akan dijadikan tambahan kebutuhan lebaran yang tinggal beberapa hari saja.(hms/r4)