Kosmestik dan Batik Indonesia di Gemari Warga Singapura

Surabaya,(DOC) – Para pelaku usaha kecil menengah(UKM) kosmetik dan batik, nampaknya harus bangga. Bagaimana tidak, produk kosmestik dan batik asal Indonesia ternyata banyak diburu oleh warga Singapura.
Direktur Utama Bank UMKM Jatim, R Soeroso mengatakan pihaknya telah beberapa kali membantu nasabah bertemu dengan calon pembeli dari Singapura. Dimana produk kosmetik dari Indonesia, cukup diminati di Singapura karena kebanyakan masih dibuat dari bahan-bahan herbal yang dianggap aman bagi kesehatan.

“Kami sudah hampir setahun kerjasama dengan BISA (Business Indonesia Singapore Association) dan berhasil mempertemukan pelaku UKM yang menjadi nasabah dengan pembeli B2B (Business to Business) di sana. Selain batik dan kosmetik, produk cokelat juga diminati di sana,” kata Soeroso, saat dikonfirmasi, Kamis (14/11/13).

Soeroso menjelaskan selain secara langsung mempertemukan nasabah UKM-nya dengan pembeli dari Singapura, Bank UMKM Jatim juga telah membantu pemasaran produk UKM ke 24 provinsi di Indonesia.

“Jadi sekarang ini bank seharusnya tidak cuma sekadar memberikan kredit, tetapi juga membantu upaya pemasaran produk nasabah. Ini yang sudah dilakukan bank UMKM selain memberikan bantuan permodalan yang cepat, mudah, dan murah,” jelasnya.

Dari data yang ada sampai dengan akhir kuartal ketiga tahun ini, Bank UMKM Jatim telah menyalurkan kredit senilai Rp1,437 triliun atau melebihi target yang ditetapkan hingga akhir tahun sebesar Rp1,179 triliun(k8/r7)