KPK Panggil Laksamana Sukardi terkait CIS-RISI

Tidak ada komentar 229 views

Jakarta (DOC) – Setelah memeriksa Sofyan Djalil, giliran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Mantan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Laksamana Sukardi. Pemanggilan berkait dengan penyidkan kasus korupsi pengadaan Outsourcing roll out Customer Information System-Rencana Induk Sistem Informasi (CIS-RISI) di PLN tahun anggaran 2004-2008.

Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha mengatakan, Laksama Sukardi dipanggil sebagai saksi. selain Laksamana Sukadri dan Sofyan Djalil, sejumlah nama juga diperik KPK seperti Mantan karyawan PT Netway Utama Mohammad Husein Hidayat, Mantan Manajer PT PLN Disjatim Keuangan Andi Siswandi, akuntan publik Prof A Rodi Kartamulja, Mantan General Manager (GM) PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) Margo Santoso, Dosen STTS Bandung Kahar Mulyani, dan Mantan Direktur Politeknik Institut Teknologi Bandung (ITB) Tonny Soewandito.

Dosen jurusan teknik sipil ITB Prof Bambang Budiono, Dosen Politeknik ITB lainnya Riawan Gunadi, Dosen Jurusan Teknik Konversi Energi Conny Kurniawan Wachjoe juga dipanggil dalam kasus yang sama.

Sementara tersangka dalam kasus korupsi CIS-RISI PLN ini adalah mantan Direktur Utama PT Netway Utama, Gani Abdul Gani. Dia diduga telah memperkaya diri sendiri dalam proyek CIS-RISI. Dosen di Politeknik ITB yang kini berganti nama menjadi Politeknik Bandung tersebut juga diduga telah memperkaya sejumlah pejabat di PLN. Dalam kasus ini Gani diduga melanggar Pasal 2 Ayat 1 atau Pasal 3 juncto Pasal 55 Ayat 1 (1) KUHP

Sebelumnya, KPK juga pernah memeriksa Ahli Utama PLN, Djoko Tetratmo Pandu Putro dan mantan Manager Bidang Umum PLN, Dodoh Rahmat. Mereka juga diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Gani.(sm/r3)