KPU Beri Toleransi 3 Hari Revisi Data Parpol Peserta Pemilu

foto : Purnomo Satriyo Pringgodigdo

Surabaya,(DOC) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Surabaya menambah waktu sehari, pendaftaran Parpol peserta Pemilu 2019 hingga pukul 00.00 WIB, Selasa(17/10/2017).

Perpanjangan ini dilakukan mendadak, karena banyak Parpol yang harus melakukan perbaikan data dan persyaratan – persyaratan lainnya.

Disampaikan Komisioner KPU Surabaya, bidang Hukum, Purnomo Satriyo Pringgodigdo, SH.MH, syarat pendaftaran bagi parpol peserta pemilu di tingkat kota/kabupaten, yaitu minimal 1000 anggota atau seper-seribu dari jumlah penduduk kota Surabaya yang masuk dalam daftar pemilih potensial.

“Parpol menyerahkan salinan KTA dan KTP ke KPU kota/kabupaten sebagai persyaratan keikut-sertaan Pemilu 2019 mendatang.  Seharusnya pendaftaran ditutup Senin(16/10/2017) kemarin. Tapi keluar SE(surat edaran,red) dari KPU pusat untuk perpanjangan waktu sehari sampai pukul 00.00 WIB,” ungkap Purnomo di sekertariatan KPU Surabaya, jalan Adityawarman, Selasa(17/10/2017).

Perbaikan data ini, menurut Purnomo, hanya terletak pada keselarasan data yang di entri dari pengurus pusat dengan pengurus daerah. Terutama kesesuaian data antara KTP dan KTA yang diinput ke KPU RI.

“Rata rata sih memang tidak sesuainya jumlah KTP dan KTA dengan aplikasi Sipol yang diinput ke KPU RI,” ungkap alumnus Universitas Brawijaya Malang ini.

Terdapat 14 partai politik tingkat kota Surabaya yang telah menyerahkan syarat pendaftaran dan perbaikan data yaitu berupa salinan bukti keanggotaan partai berupa fotocopy kartu tanda anggota (KTA) dan Kartu tanda penduduk (KTP). Sementara Parpol yang menyerahkan data persyaratan injure time yakni Partai Kebangkitan Bangsa, pada Selasa(17/10/2017).

Sedangkan Berdasarkan input data Sipol KPU RI, Parpol yang turut menjadi peserta Pemilu 2019 yaitu sebanyak 27 Parpol. KPU RI masih memberikan batas waktu perbaikan data hingga 3 hari kedepan.(rob)

Berikut 14 Partai Politik yang telah menyerahkan data persyaratan peserta Pemilu 2019 ke KPU kota Surabaya, yaitu sbb;

  1. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
  2. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
  3. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
  4. Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda)
  5. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)
  6. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
  7. Partai Demokrat (PD)
  8. Partai Golongan Karya (Golkar)
  9. Partai Amanat Nasional (PAN)
  10. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI)
  11. Partai Berkarya
  12. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
  13. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
  14. Partai Kebangkitan Bangsa(PKB)