KPU Dan Dispenduk Buka Helpdesk Pilgub Jatim, Optimis Target Pemilih Tercapai

Surabaya,(DOC) –Masyarakat Jawa Timur, khususnya Surabaya yang belum terdata dalam daftar pemilih pada Pilgub Jatim 2018 tak perlu risau lagi, karena Komisi Pemilihan Umum (KPU ) kota Surabaya bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) membuka layanan pengaduan soal pengambilan hak suara saat hari pencoblosan pada 27 Juni 2018 mendatang.

Layanan pengaduan atau helpdesk tersebut, akan memandu warga yang tak terdata dalam daftar pemilih untuk menyalurkan hak politiknya, meski tak memegang e-KTP.

Petugas helpdesk akan langsung menangani, jika terdapat permasalahan terkait e-KTP dan pengeluaran surat keterangan(Suket) dalam sistem administrasi kependudukan.

“Warga yang ingin mencoblos pada Pilkada, tapi belum terdata sebagai pemilih dan tak memegang e-KTP harus menggunakan surat keterangan dari Dispenduk. Dengan helpdesk ini, pertanyaan terkait dengan eKTP dan Suket bisa langsung ditangani,” ungkap Purnomo Satriyo Pringgodigdo., SH., MH., komisioner KPU Surabaya bidang hukum, Minggu(24/6/2018).

Sementara mengenai target 79 persen jumlah partisipasi warga mengambil hak suaranya pada Pilkada serentak 27 Juni mendatang, diharapkan oleh Ketua KPU Surabaya, Nur Syamsi, dapat tercapai.

Menurut dia, 79 persen target partisipasi pemilih dari total jumlah pemilih, telah ditetapkan secara nasional termasuk untuk kota Surabaya pada Pilgub Jatim 2018.

“Jumlah DPT(daftar pemilih tetap,red) kota Surabaya pada Pilgub Jatim  sekitar 2,7 juta jiwa. Selama ini kita sudah gencar melakukan sosialisasi mekanisme pencoblosan ke warga, semoga saja target tersebut bisa tercapai. Tapi kita optimis dan lihat nanti,” kata Nur Syamsi saat di temui diacara Debat Cagub terakhir, Sabtu(23/6/2018) kemarin malam.

Ia menambahkan, tahapan Pilgub Jatim telah dilalui semua oleh KPU Surabaya, tinggal distribusi logistik dan surat suara yang masih berjalan sampai pada tanggal pencoblosan nanti.

“Surat suara dan logistik lainnya selama 2 hari sudah terdistribusi dari KPU ke -31 kecamatan sejak Jumat(22/6/2018) lusa. Setelah itu, petugas kecamatan akan mendistribusikannya ke kelurahan mulai hari ini, Minggu(24/6/2018) . Sehari sebelum tanggal pencoblosan seluruh logisitik harus sudah siap di masing-masing TPS(tempat pemungutan suara,red),” pungkasnya.(rob/r7)