KPU Ingatkan Batas Waktu Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2019

Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi

Surabaya,(DOC) – Pendaftaran partai politik (Parpol) peserta Pemilu legislative (Pileg) 2019 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Surabaya telah dibuka sejak 3 Oktober sampai 16 Oktober 2017.

Ketua KPU Surabaya, Nur Syamsi, berharap, waktu pendaftaran ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Parpol yang akan menjadi kontestan Pileg 2019 mendatang. Mengingat KPU Surabaya sudah tak berhak lagi menerima berkas, setelah massa pendaftaran berakhir.

Aturan ini, lanjut Nur Syamsi, sudah disosialisasikan berulangkali oleh KPU di tingkat pusat maupun kota/ kabupaten.

“Pendaftaran ini dilakukan secara bersamaan di pusat dan kota/kabupaten. DPP menyerahkan berkas ke KPU RI dan Parpol di Kabupaten kota menyerahkan ke KPU masing-masing,” kata Nur Syamsi, Rabu(11/10/2017) kemarin.

Ia menjelaskan, data administrasi yang diserahkan ke KPU saat pendaftaran yaitu berkas daftar nama anggotanya, salinan KTP dan KTA.

“Disesuaikan dengan data yang ada di Sipol KPU,” imbuh Alumni Unesa ini.

Nur Syamsi menyampaikan sesuai tahapan, setelah pendaftaran dilalui dilanjutkan dengan penelitian administrasi, perbaikan jika kurang memenuhi syarat, verifikasi actual, setelah itu baru ditetapkan sebagai peserta pemilu.

“Penetapannya oleh KPU RI,” katanya

Untuk Parpol yang sudah mendaftar dan berkasnya sudah diserahkan yaitu PDI Perjuangan. Sebelumnya Partai Persatuan Indonesia juga mendaftar, namun berkasnya di kembalikan. Dasar pengembalian itu, lanjut Syamsi, karena berkas F-2 Perindo belum sesuai dengan data Sipol KPU.

“Kalau gak sesuai kita kembalikan,” pungkasnya.(rob)