KPU Jatim Loloskan Dukungan KTP Eggi-Sihat

Tidak ada komentar 122 views

Surabaya, (DOC) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menyatakan bahwa pasangan calon gubernur dan Calon Wakil Gubernur Eggi Sudjana-M Sihat yang maju dari jalur independen telah dinyatakan lolos memenuhi syarat (MS) dukungan minimal pencalonan yang disyaratkan oleh UU oleh KPU Jatim.
“Dari hasil rekapitulasi keseluruhan mulai tingkat kabupaten/kota di Jatim, kami nyatakan memenuhi syarat dan lolos menjadi salah satu peserta Pemilukada Jatim. Sebab dukungannya telah melebihi batas syarat dukungan minimal yakni 1.118.097. Dukungan Eggi-Sihat totalnya sebanyak 1.141.641,” ujar Ketua KPU Jatim, Andrey Dewanto Ahmad ditemui usai memimpin rapat pleno verifikasi dan rekapitulasi dokumen dukungan hasil perbaikan bakal pasangan calon perseorangan pemilukada Jatim 2013 di Hotel Singgasana Surabaya, Minggu (7/7) sore.
Ia menjelaskan, total dukungan pasangan Eggi-Sihat yang diverifikasi faktual oleh KPU Kabupaten/Kota di Jatim sebanyak 1.822.552. dan hasilnya, 901.731 dinyatakan memenuhi syarat (MS) dan 920.821 dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS), serta ditambah dengan 239.910 hasil verifikasi dukungan tahap pertama yang memenuhi syarat, maka total dukungan yang MS sebanyak 1.141.641 atau lebih 23.544 dukungan suara.
Meski dukungan KTP-nya dinyatakan memenuhi syarat, pasangan independen ini belum dinyatakan apakah akan mengikuti Pilgub Jatim 2013 atau tidak. “Nanti akan kita umumkan bersamaan dengan bakal calon yang diusung partai politik. Karena kami belum membuka hasil tes kesehatannya,” ujarnya
Ia menambahkan, tahapan pengumuman pasangan calon yang memenuhi persyaratan pada 8-14 Juli 2013. Sedangkan tahap penetapan, penentuan nomor urut dan pengumuman pasangan calon pada 15-21 Juli 2013.
Sementara itu, ketua tim sukses pasangan Eggi-Sihat, Fathoni menyatakan bersyukur karena pasangan Eggi-Sihat akhirnya bisa memenuhi syarat dukungan dan dinyatakan lolos sebagai salah satu peserta pemikukada Jatim 29 Agustus 2013. “Ini adalah bukti KPU benar-benar independen dan netral serta tidak memihak kepada salah satu pasangan calon,” jelas Fathoni didampingi bacawagub Moh Sihat
Dalam waktu dekat, lanjut Fathoni pihaknya juga akan segera membentuk tim sukses untuk sosialisasi dan menarik dukungan sebanyak-banyaknya dari masyarakat di seluruh Jatim kepada pasangan Eggi-Sihat. “Kami akan segera sosialisasikan visi dan misi pasangan Eggi-Sihat ke masyarakat supaya bisa memenangkan Pemikukada Jatim,” ujarnya.
Bacagub Eggi Sudjana mengaku bersyukur karena rakyat Jatim mampu memilih calon pemimpinnya untuk menjadi gubernur tanpa parpol. Itu artinya rakyat Jatim sudah terbebas dari neofeodal, oligarki, dan transaksional.
“Jika saya nantinya terpilih menjadi gubernur Jatim, maka saya akan memimpin Jatim dengan amanah, sidiq, tabligh dan fathonah untuk membawa rakyat Jatim yang bertaqwa kepada Allah,” ujarnya.
Selain itu, Eggi juga merasa senang karena akhirnya bisa memecahkan rekor sebagai pasangan calon independen pertama yang lolos maju di pemilukada Jatim sejak diberlakukannya pemilukada langsung. “Alhamdulillah saya akhirnya bisa pecahkan rekor pemilukada Jatim sebagai pasangan calon independen yang pertama kali,” ujarnya. (r4)