KPU Jatim Pastikan Distribusi Logistik Pilgub Sesuai Jadwal

foto : Komisioner KPU Jatim devisi umum dan logisitik, Dewita Hayu Shinta bersama Ketua KPU Jatim, Eko Sasmitha tunjukkan bentuk Surat Suara Pilgub Jatim 2018(dok)

Surabaya,(DOC) – Target Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim soal distribusi logistik Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018 telah terpenuhi sesuai jadwal.

Delapan hari menjelang pencoblosan Pilgub Jatim pada 27 Juni 2018 mendatang, KPU kabupaten/kota telah menerima logistik, bahkan ada yang sudah di distribusikan sampai kecamatan, khususnya yang jarak tempuhnya jauh.

“Sesuai alur pengiriman logistik Pilgub, pada H-6 sudah ada di kecamatan. Lalu pada H-3 disalurkan ke tingkat desa/kelurahan, dan H-1 berada di TPS(Tempat Pemungutan Suara,red),” papar komisioner KPU Jatim divisi Umum, Keuangan dan Logisitik, Dewita Hayu Shinta, Selasa(19/6/2018)

Sisin, sapaan akrab Dewita Hayu Shinta, menyatakan, terdapat kendala yang sempat ditemui KPU Jatim, yakni pengiriman logisitik dan surat suara di kepulauan Maselembu Sumenep dan Bawean Gresik.

“Dikedua daerah itu pengiriman logistik sedikit mengalami penundaan hingga molor dari jadwal,” imbuhnya.

Namun, lanjut Sisin, tertundanya distribusi logistik dan kertas suara di kedua daerah terjauh di Jatim itu, penyebabnya bukan dari KPU Jatim.

“Penyebabnya karena cuaca buruk. Informasi dari pihak kapal yang mengirim logistik Pilgub ke kedua daerah tersebut mendapat laporan dari BMKG, bahwa ombak laut tingginya 3 meter lebih,” paparnya.

foto : Komisioner KPU Jatim, Dewita Hayu Shinta tunjukkan persiapan distribusi logistik ke Masalembu dan Bawean

Ia menjelaskan, berdasarkan jadwal pengiriman, kapal seharusnya berangkat dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju ke Masalembu pada pukul 14.00 Wib, Selasa(19/5/2018). Sedangkan Kapal tujuan Bawean, akan berangkat dari pelabuhan Gresik pada waktu yang sama.

Tapi, kata Sisin, jadwal pengiriman tersebut terpaksa berubah semua akibat cuaca buruk.

“Kita tunggu sampai cuaca membaik. Kalau jadwal pemberangkatan kapal tujuan Bawean ada pada hari Jumat(22/6/2018). Jika kondisi cuaca masih buruk, kita siapkan upaya antisipasi,” tandasnya.

Distribusi logisitik Pilgub di kepulauan Masalembu memang menjadi prioritas utama KPU Jatim, termasuk daerah-daerah yang sulit dijangkau dari pusat kota.

Menurut komisiner perempuan ini, untuk menuju ke kepulauan Masalembu, waktu tempuh yang dibutuhkan, jika menggunakan transportasi laut, yakni sekitar 17 jam-an. Sehingga perlu ketepatan penjadwalan pengiriman logistik, agar Pilgub Jatim tetap terlaksana disana.(rob/r7)