KPU Lumajang Gelar Bimtek Simulasi Rekapitulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

foto : Bimtek

Lumajang,(DOC) – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang menggelar Bimtek Simulasi Rekapitulasi Pemungutan Dan Penghitungan Suara Pilkada Serentak Tahun 2018.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Lumajang Siti Mudawiyah, S.E, Anggota Komisioner Divisi SDM dan Parmas, M. Ridhol Mujib S.E, Anggota Komisioner Divisi Perencanaan Data Syamsul, S.Pd.I serta Kasubag Teknis dan Hupmas Ida Nur Farida, S.Sos dengan mengundang PPK se-Kabupaten Lumajang sebagai peserta. Agenda bimbingan cara mengisi formulir C ini digelar mulai pukul 10.00 hingga pukul 13.00 WIB di Gedung Guru Jalan Veteran Lumajang.

Dalam sambutanya ketua KPU Lumajang menyampaikan semua penyelenggara pemilu melalui bimtek ini harus dapat memahami secara menyeluruh mekanisme dan tata cara pemungutan dan penghitungan suara, lalu output.

kegiatan ini juga diharapakan nantinya Anggota PPK dapat mentransfer ilmu terkait tungsura kepada PPS dan KPPS secara langsung dan utuh.

“Nanti dari hasil bimtek ini  PPK harus bisa membimtek PPS terkait pengisian formulir Model C oleh KPPS” katanya.

Mudawiyah juga menyampaikan bahwa bimtek ini nantinya akan ada simulasi soal yang akan dibahas, dengan harapan apa yang akan disampaikan nantinya agar lebih mudah untuk dipahami.

“Agar lebih mudah dipahami kita nanti simulasi dengan soal yang sudah kita buat” ungkapnya.

Lebih lanjut  Siti Mudawiyah  dalam pemaparan materi  menyampaikan cara pengisian formulir model C, DA1, dan DAA, kemudian dilanjutkan dengan menjawab soal yang telah disediakan.

Kemudian acara dilanjutkan dengan simulasi Rekapitulasi Pemungutan Dan Penghitungan Suara, peserta yang terdiri dari seluruh ketua dan anggota PPK se-Kabupaten Lumajang dibagi menjadi dua kelompok, masing-masing kelompok mengerjakan soal yang telah disediakan sebelumnya.(mam/r7)