D-ONENEWS.COM

KPU Mulai Distribusikan Surat Suara

distribusi_kertas_suara_simbolisSurabaya,(DOC) – Pemungutan suara dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surabaya 2015 tinggal sepekan lagi. Maka, terhitung mulai hari ini, Rabu (2/12/2015), secara bertahap surat suara pun sudah mulai didistribusikan ke Panitia Pemilihan di masing-masing kecamatan.

“Surat suara yang didistribusikan, jumlahnya adalah sebanyak jumlah DPT plus 2,5 persen,” ujar miftakul ghufron, komisoner KPU Surabaya.

Pendistribusian surat suara ini akan berlangsung selama tiga hari atau akan berakhir pada 4 Desember 2015 mendatang. Di hari pertama, surat suara akan didistribusikan ke sebelas kecamatan, lalu di hari kedua dan ketiga, masing-masing ke sepuluh kecamatan. Dalam kegiatan itu sendiri, KPU Surabaya mendapat dukungan pengawalan aparat kepolisian dari Polrestabes Surabaya dan Polres Tanjung Perak.

“Untuk kecamatan-kecamatan yang masuk wilayahnya Polrestabes Surabaya, pengawalan oleh Polrestabes. Sedangkan untuk kecamatan yang masuk wilayah hukum Polres Tanjung Perak, pengawalan oleh Polres Tanjung Perak,” sambungnya.

Selain dari Polrestabes Surabaya dan Polres Tanjung Perak, petugas Kepolisian Sektor (Polsek) di masing-masing kecamatan juga akan turut mengawasi penyerahan surat suara di lokasi.

“Kapolsek di masing-masing kecamatan akan turun langsung untuk memantau penyerahan. Selain itu petugas PPK, Panwascam, dan PPL akan ikut mengawasi dan memastikan jumlahnya tepat atau sesuai di masing-masing TPS,” lanjut Ghufron.

Setelah dihitung, surat suara yang akan disebar ke 3.936 TPS ini akan langsung dimasukkan ke dalam kotak suara untuk selanjutnya digembok dan disegel. Apabila dalam proses penghitungan tersebut dinyatakan ada yang kurang, maka PPK akan membuat berita acara penghitungan dan menyampaikan berapa kekurangannya ke KPU Surabaya.

“Kalau sudah disampaikan jumlah kekurangannya, akan segera kami ganti,” pungkas dia.(McK/r7)

Loading...