KPU Optimis Pilgub Jatim Tak Ada Gugatan

Tidak ada komentar 98 views

Surabaya, (DOC) – Pelaksanaan Pemilukada Jatim benar-benar berlangsung aman. Hal itu dibuktikan dengan tidak adanya protes dari para saksi saat penghitungan suara tingkat kabupaten/kota.
Hal ini disampaikan Ketua KPU Jatim Andry Dewanto Ahmad. Dia mengaku optimis jika tidak akan ada gugatan dari calon yang kalah. Sampai hari ini, hasil perhitungan suara cagub Jatim sudah terkumpul di 38 formulir DB atau formulir rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten/kota.
“Sampai hari ini semua formulir untuk rekapitulasi tingkat provinsi sudah siap dan pada tanggal 7 nanti semua paslon, saksi, Bawaslu, Pawaslu, pimpinan partai politik dan ormas, akan diundang untuk menyaksikan proses rekapitulasi tingkat provinsi,” tegasnya.
Mantan Ketua KPU Kabupaten Malang ini, menyampaikan hasil perhitungan suara akan diberikan pada seluruh pasangan calon, para saksi dan akan menjadi dasar KPU Jatim untuk diberikan ke DPRD Jatim untuk tujuan pelantikan.
Andry menambahkan, tapi jika realisasinya nanti ternyata ada gugatan dari salah satu pasangan calon terkait penyelenggaraan Pilgub Jatim yaitu surat keputusan hasil rekapitulasi dan SK penetapan calon yang terpilih, maka KPU akan mempertahankan hasil rekapitulasi dan penetapan calon terpilih. (r4)