KPU Surabaya Buka Pendaftaran 9 Parpol, Hasil Putusan Bawaslu RI

foto : Miftahul Ghufron

Surabaya,(DOC) – Komisi Pemelihan Umum (KPU) Kota Surabaya membuka kembali pendaftaran bagi 9 partai politik (Parpol) yang akan turut dalam Pemilu 2019 mendatang, Kamis(23/11/2017).

Pendaftaran ini didasari oleh putusan sidang Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI yang kemudian ditindak lanjuti oleh KPU RI melalui SK 205/HK.03.1-Kpt/03/KPU/XI/2017, tentang Tata Cara Pendaftaran dan Pemeriksaan Dokumen Persyaratan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 Pasca Putusan Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia.

Komisioner KPU Surabaya, Miftahul Ghufron, menyatakan, 9 Parpol yang diputuskan Bawaslu RI untuk mendaftar, baru 3 Parpol yang menyerahkan persyaratan administrasi ke KPU kota Surabaya, yakni PBB, PIKA dan PKP Indonesia.

“Ketiganya menyatakan bahwa mereka menggunakan dokumen yang mereka sudah serahkan pada tanggal 17 Oktober 2019 lalu” ujar pria lulusan UIN Sunan Ampel, Surabaya  ini.

Khusus bagi ketiga Parpol ini, lanjut dia, KPU akan melakukan penelitian administrasi untuk melihat kecocokan antara dokumen yang mereka serahkan dengan data yang mereka unggah ke Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Berdasarkan SK KPU, kami akan melakukan penelitian administrasi sampai dengan tanggal 30 November, kemudian kami sampaikan hasilnya ke partai politik pada tanggal 30 November sampai dengan 1 Desember 2017,” pungkasnya.(rob/r7)