KPU Surabaya Distribusikan Surat Suara

Tidak ada komentar 144 views

Surabaya, (DOC) – Komisi Pemilihan Umum(KPU) Surabaya mulai mendistribusikan kertas suara dari Gudang KPU di Sidotopo Wetan nomer 11 ke beberapa kecamatan yang masuk daerah pemilihan (dapil) 1 dan 2, Selasa (1/4/2014). Hal ini sebagai persiapan menjelang pemilihan legislatif (pileg) yang jatuh pada 9 April mendatang.
Ketua KPU Surabaya, Eko Waluyo menjelaskan pendistribusian kertas suara dilakukan mulai 1-3 April. Untuk hari pertama kemarin, kertas suara dikirim ke dapil 1 dan 2. Untuk dapil 1 meliputi Kecamatan Tegalsari, Genteng, Gubeng, Simokerto, Bubutan dan Krembangan. Sementara dapil 2 Surabaya meliputi Kecamatan Tambaksari, Pabean Cantikan, Semampir, dan Kenjeran.
“Pendistribusian kertas suara ini kita dibantu petugas kepolisian untuk mengawal supaya tidak ada kecurangan,” ujarnya.
Eko melanjutkan, kertas suara yang didistrbusikan kemarin sebanyak empat juta kertas dari jumlah total sembilan juta kertas suara. Pendistrbusiannya menggunakan truk yang dikawal petugas kepolisian bersenjata lengkap.
Menurut Eko, proses pendistribusian itu, tidak sekedar mengirim kertas suara. Tapi juga menghitung jumlah kertas suara yang dibutuhkan sesuai dengan jumlah pemilih di masing-masing panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutasn suara (PPS) di Surabaya.
“Prosesnya akan lama, karena tidak hanya mengirim, tapi perlu dihitung dan kalau ada yang kurang atau keliru PPK bisa langsung membuat berita acara untuk dilaporkan ke KPU agar segera dilakukan penggantian,” papar Eko.
Selama proses pendistribusian dan penghitungan kertas suara, akan disaksikan semua petugas PPK dan PPS di masing-masing dapil. Tahapan pendistribusian surat suara untuk 5 dapil di Surabaya akan dilakukan mulai 1-3 April ke semua PPK di Surabaya, dilanjutkan pendistribusian dari PPK ke PPS mulai 4-6 April dan 7-8 April didistribusikan ke masing-masing TPS.
Pada Rabu (2/4/2014), surat suara didistribusikan untuk Dapil 3 yaitu Kecamatan Wonocolo, Tenggilis, Gununganyar, Bulak, Rungkkut, Sukolilo, Mulyorejo dan Dapil 4 yakni Kecamatan Wonokromo, Sawahan, Gayungan, Jambangan, dan Sukomanunggal. Adapun Kamis (3/4/2014) menjadi hari terakhir distribusi surat suara di Kota Surabaya yaitu Dapil 5 meliputi Kecamatan Karang Pilang, Tandes, Lakarsantri, Benowo, Wiyung, Dukuh Pakis, Asem Rowo, Pakal, dan Sambikerep.
“Untuk setiap PPK yang kami kirimi surat suara harus siap menerima surat suara. Nantinya PPK didukung 160 Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk menghitung langsung surat suara yang diturunkan dari truk,” ungkapnya. (ist/r4)