KPU Surabaya Lantik PPK dan PPS Baru, Gunakan Anggaran Pilgub Sesuai Tahapan

Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi

Surabaya,(DOC) – Kurang lebih 155 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) bersama 462 Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Rabu(22/11/2017).

Mereka akan bertugas melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur pada tahun 2018 mendatang.

Nur Syamsi Ketua KPU kota Surabaya menjelaskan, pelantikan tersebut hasil dari rekrutmen yang telah digelar sejak tanggal 12 Oktober hingga 11 Nopember 2017 lalu.

Dengan pelantikan PPS dan PPK baru ini, diharapkan bisa meningkatkan profesionalitas kinerja KPU sebagai penyelenggara Pilgub.

“Nantinya setelah dilantik mereka akan segera berkoordinasi dengan perangkat kecamatan untuk segera membentuk sekretariat, ” ungkapnya.

Saat ini, lanjut Nur Syamsi, tahapan penyelenggaraan pemungutan suara dalam Pilgub Jatim sudah mulai dilaksanakan. Dalam waktu dekat, pemutakhiran data pemilih tiap wilayah segera dilakukan di bulan Desember.

“Saat ini mulai mempersiapkan alat kerja di tingkat kecamatan. Selanjutnya untuk pemutakhiran data pemilih dilakukan akhir Desember,” jelas Nur Syamsi.

Mengenai anggaran penyelenggaraan Pilgub Jatim, sepenuhnya dari APBD Provinsi Jatim. Ia mengaku dana tersebut sudah dikucurkan sesuai dengan tahapan penyelenggaraan.

“Sudah turun sejak awal. Karena anggaranya dari provinsi dan kita mengikuti sesuai dengan keputusan,” pungkasnya.(rob/r7)