KPU Surabaya : Semua Data Caleg Belum Penuhi Persyaratan

Surabaya – Seluruh data caleg yang disampaikan 12 parpol kontestan pemilu 2014 ke KPU Surabaya ternyata tak memenuhi persyaratan. Komisioner KPU Surabaya, Edward Dewaruci, Selasa (7/5/2013) mengatakan, persyaratan yang tidak terpenuhi dalam verifikasi bermacam-macam.
“Kesalahannya diantaranya penulisan data yang tidak sesuai KTP, tidak mencantumkan kesehatan rohani” jelasnya.
KPU Surabaya akan mengembalikan seluruh data para caleg kepada parpol masing-masing., dan member i batas waktu perbaikan data hingga 22 Mei.
“Besok, rabu(8/5/2013) akan kita kembalikan ke semua parpol” tegas Edward
Alumnus Fakultas Hukum Airlangga ini mengungkapkan, kesalahan yang terjadi pada data para caleg hanya bersifat administrative. Dari data yang masuk belum diketemukan caleg ganda. KPU Surabaya akan mengumumkan ke public semua data para caleg, setelah masa perbaikan.
“setelah masa perbaikan, masyarakat bisa memberikan informasi tentag para caleg” katanya.
Uji Publik dilaksanakan setelah KPU Surabaya mengumumkan daftar caleg sementara (DCS), awal Juni. Tenggat waktu uji public berlangsung selama 2 Minggu. Edward mengatakan, jika ada informasi yang tidak benar dimungkinkan menggugurkan pencalonan pihak yang bersangkutan.
“Tidak memiliki Ijazah SMA, kesehatan tidak ditandatangani oleh dokter , tidak sehat jasmani dan rohani, ini termasuk kesalahan yang tak bisa ditolerir” terang Direktur Children Crisis Center Surabaya ini.
Sementara mengenai proses pencalegan DPC Partai Hanura Surabaya, yang sebelumnya terkatung-katung terkena imbas polemic perpindahan mantan kader Partai democrat , yakni Wisnu Wardhana dan Agus Santoso, Edrwad Dewaruci menegaskan tidak ada persoalan. Ia mengungkapkan dalam daftar caleg DPC partai hanura Surabaya terdapat nama Agus santoso.
“Pak Agus Santoso tercantum, tapi Pak WW tidak ada” ungkapnya.
Edward menambahkan, dalam pengembalian berkas para caleg, Rabu (8/5/2013) pihaknya mengundang seluruh pimpinan parpol. Dalam pertemuan nanti, KPU Surabaya akan menyampaikan berbagai kesalahan yang terjadi persyaratan yang diserahkan oleh para celeg. (K-4)