Kurang Ribuan, Jatah CPNS Pemkot Surabaya Hanya 440-an

Surabaya (DOC) – Pemkot Surabaya tahun ini hanya menerima CPNS sebanyak 440-an. Jumlah itu menurut kepala Badan kepegawaian dan Diklat pemkot Surabaya, Yayuk eko Agustin, Minggu (24/3/2013) masih jauh dari ideal. Pasalnya, tiap tahun hampir  700 pegawai yang memasuki masa pension.

“ Rata-rata tiap tahun sekitar 700 pegawai yang pensiun. Untuk itu, penerimaan ini memang belum bisa memenuhi kebutuhan” terangnya.

Yayuk merinci, jumlah 440-an CPNS yang diterima tahun ini, sebanyak 309 orang yang sebagian besar untuk tenaga guru dan kesehatan merupakan jatah tahun 2012. Sementara sisanya, sebanyak 130 orang diprioritaskan untuk tenaga teknis.

“Tahun ini hanya tenga teknis, untuk pekerjaan sipil dan lain sebagainya” ujar mantan Kabag Perlengkapan.

Untuk mengatasi kekurangan pegawai, padahal beban kerja cukup berat, Pemkot Surabaya berupaya memaksimalkan penggunaan system tekhnologi informasi. Disamping melakukan perampingan birokrasi.

“mana yang bisa kita maksimalkan, kita lakukan. Seperti penggunaan IT, penggabungan Kelurahan dan UPTD kita kurangi hingga menjadi 5 unit” papar perempuan yang dekat dengan Walikota ini.

Yayuk mengatakan, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya pengajuan CPNS selalu tidak sesuai usulan. Namun, ternyata yang direkomendasi  oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur negara (KemenPAN) relative keciul.

“Kalau kurangnya ya ribuan, tapi jika diusulkan yang disetujui hanya ratusan” tegasnya.

Tahun ini, disamping merekrut CPNS dari jalur umum. Pemkot Surabaya juga akan melakukan tes jalur khusus, yakni untuk tenaga  honorer yang ditetapkan oleh Menpan (K-2). Sedangkan honorer  yang masuk dibawah tahun 2005 (K-1) langsung diangkat sebagai CPNS.

Yayuk Eko Agustin belum bisa memastikan kapan pelaksanaan tes CPNS diselenggarakan. Ketentuan pelaksanaan menurutnya bergantung pada Pemerintah pusat. Namun ia menambahkan, tahun ini direncanakan tes CPNS berlangsung serentak seluruh daerah.

“rekruitmen tahun ini seluruh Indonesia bersamaan” katanya. (K-4)