Kurangi Obat, Coba Cara Alami Obati Sakit Kepala Ini di Rumah!

obat sakit kepala

Jakarta, (DOC) – Bisa dibilang semua orang pernah merasakan sakit kepala. Entah karena sakit gigi, kurang makan, banyak pikiran, stres, atau karena gejala dari penyakit serius lainnya. Tentu, sakit kepala sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Tak heran jika Anda langsung minum obat jika sakit kepala sudah mulai menyerang.

Tapi tunggu dulu, sakit kepala tidak selamanya harus diobati dengan obat. Ada banyak cara alami yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit kepala Anda. Yang pasti, cara alami ini lebih sehat dibandingkan Anda minum obat yang tentunya memiliki efek samping.

Berikut ini merupakan cara-cara alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi sakit kepala Anda.

  • Jahe. Salah satu jenis rempah-rempah ini ternyata mengandung khasiat untuk mengobati sakit kepala. Sebuah penelitian melaporkan bahwa jahe mempunyai khasiat yang sama dengan sumatriptan, yaitu salah satu obat untuk mengobati migrain. Anda mungkin bisa menambahkan jahe pada teh hangat Anda atau air jahe hangat tentunya juga enak.
  • Cuka sari apel. Cuka sari apel mengandung kalium yang tinggi, sehingga bisa membantu Anda mengatasi sakit kepala migrain. Anda bisa mengonsumsi cuka sari apel dengan cara mencampurnya dengan satu sendok teh madu dan air hangat satu gelas.
  • Kafein. Zat yang biasa terkandung dalam kopi dan teh ini ternyata juga ampuh dalam mengatasi sakit kepala. Kafein sendiri ternyata sudah menjadi bahan tambahan dalam obat-obatan untuk sakit kepala.
  • Mandi air hangat. Mandi air hangat dapat menenangkan otot-otot yang tegang, sehingga membantu mengatasi sakit kepala yang Anda rasakan.
  • Pijat.Pijatan lembut di sekitar pelipis, leher, punggung, bahu, dan kepala ternyata juga membantu Anda meringankan sakit kepala. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pijatan lembut selama 30 menit dapat membantu meringankan sakit kepala. (and)