KY Periksa Kevin Korban Pemerasan Jaksa

Tidak ada komentar 158 views

Surabaya,(DOC) – Komisi Yudisial (KY) RI, tertarik dengan laporan dugaan pemerasan oleh jaksa dan hakim atas kasus laka lantas yang dialami putra Ketua Komisi D DPRD Surabaya Baktiono. Putra pengurus DPC PDI Perjuangan Surabaya, Kevin Stevano, memang menyita perhatian dunia hukum di Surabaya.
Kamis (18/4/2013), Divisi Penyelidikan KY mendatangi ruang Komisi D DPRD Surabaya. Namun tujuannya untuk bertemu dan meminta keterangan Kevin Stevano terkait kronologi penanganan kasus kecelakaan yang menyebabkan Kevin diputus bersalah dan menerima hukuman 6 bulan masa percobaan.
Saat penanganan kasus itulah, diduga terjadi pemerasan oleh oknum jaksa dan hakim. Namun dalam pertemuan di Komisi D itu berlangsung tertutup. Awak media tak diperkenankan mengikuti jalannya pengambilan keterangan Kevin oleh KY.
Sementara, Baktiono mengakui jika kehadiran KY dalam kaitan menggali informasi tentang dugaan pemerasan yang dilakukan aparat penegak hukum terhadap anaknya. “Saya memang dikontak KY untuk koordinasi masalah kami. Tapi saya sarankan untuk bertemu langsung dengan putra kami, sehingga bisa diceritakan langsung apa adanya,” beber Baktiono.
Baktiono juga mengaku jika kedatangan KY ke DPRD Surabaya tak ada kaitanya dengan dewan, melainkan karena usuran anaknya. “Sejak putra saya terlibat masalah kecelakaan, sama sekali tak pernah melibatkan saya, semua ditangani sendiri. Karena itu, saya sudah minta putra saya untuk bercerita apa adanya. Bahkan masyarakat tahu kalau itu putra saya, setelah kasus dugaan pemerasan itu terkuak,” tandas Baktiono.
Penanganan dugaan pemerasan itu diserahkan Baktiono sepenuhnya kepada KY serta institusi kehakiman dan kejaksaan. Bahkan pihaknya siap jika digugat balik. Sementara dugaan pemerasan itu terkait agar vonis yang diterima Kevin, lebih ringan.(R4/R7)