Lagi, Gus Dur Dihina dalam Buku Sejarah

Tidak ada komentar 175 views

Tasikmalaya (DOC) – Penghinaan terhadap Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur kembali terjadi. Setelah muncul dalam ujian nasional, kali ini ditemukan pula penyebutan nama mantan Presiden RI itu dalam sebuah buku sejarah kelas XII Madrasah Aliyah setingkat SMA.

Tak jauh beda dengan isi soal ujian yang ditemukan Sabtu (8/12) lalu, dalam buku sejarah ini disebutkan penyebab lengsernya Gus Dur karena kasus korupsi Buloggate dan Bruneigate.

Penghinaan tersebut itu menuai protes dari pihak sekolah, masyarakat Nahdlatul Ulama (NU) Tasikmalaya. “Kami sangat menyayangkan dan untuk buku pelajaran tidak akan kembali diberikan pada siswa sebagai buku panduan,” kata Kepala Madrasah Aliyah NU Kota Tasikmalaya Irsadul Abad seperti dikutip Suara Merdeka, Senin (10/12)

Sementara Kementerian Agama Kota Tasikmalaya mendesak Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh dan Kementerian Agama untuk meluruskan fakta sejarah yang sebenarnya.Mereka juga mendesak untuk segera menarik buku tersebut dari peredaran. Kemunculan nama Gus Dur dalam buku panduan sejarah yang dicetak pada 2006 itu dianggap kelalaian Kementerian Agama.(sm/r3)