Lagi, Polisi Amankan Penambang Pasir Illegal

Tidak ada komentar 30 views

Lumajang,(DOC) – Salah satu pengelola stock pool dan penambang pasir di Lumajang Jawa Timur diamankan Polrest Lumajang Jawa Timur karena diduga melanggar UU minerba dan tak mengantongi surat ijin penambangan pasir.
Kasatreskrim Polres Lumajang AKP Tinton Yudha Priambodo mengatakan, penangkapan pengelola stock  pool yang berinisial N di Kawasan TPA Sumbersuko Lumajang.
“Pemilik stock pool yang kita amankan dan kami akan masih mendalami kasus tersebut,” jelas Tinton, Senin(8/5/2017).
Pihak kepolisian kini mengamankan satu unit alat berat dan 4 unit truk pengangkut pasir sebagai barang bukti.

Sementara itu ketua Aliansi Masyarakat Pecinta Lumajang (Ampel), Arsad subekti menyatakan apresiasinya terhadap kinerja kepolisian yang tegas menindak para pelaku penambang pasir illegal.

Namun, meski begitu, Arsad tetap mengingatkan bahwa masih banyak kasus penambangan pasir ilegal yang belum mendapat ketegasan aparat dan tetap beroperasi. Begitu juga penanganan kasus penambangan pasir illegal juga banyak yang belum terselesaikan.

“Supremasi hukum harus ditegakkan. Jangan sampai kasus gede Evi berhenti ditempat. Harus diusut tuntas hingga para penambang jera,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, sejauh ini proses perijinan penambangan pasir di Lumajang masih pada batas eksplorasi belum pada proses panjang tentang Amdal sesuai dengan UU Minerba nomer 4 tahun 2009. Seharusnya juga menggunakan UU illegal mining pasar 158 dan 161 yang memberikan sangsi berat.

“Pada UU itu menerangkan penjual , menampung dan melakukan aktivitas penambangan tanpa ijin, akan mendapat sanksi hukuman 10 tahun penjara dan denda 10 milliar,” pungkasnya.(mam/r7)